Tanya Dokter

  • Jadwal haid maju seminggu dan hanya berlangsung singkat

  •  amigdala nisa
    Anggota
    Saya ucapkan terimakasih dok telah menjawab pertanyaan saya yang sebelumnya. Dok,berkaitan dengan kondisi saya pada pertanyaan sebelumnya,saya sekarang mengalami jadwal haid yang maju normalnya tanggal 10, namun tanggal 5 pagi hari kemarin saya melihat bercak darah pada celana dalam berwarna coklat, dan diiringi lendir darah pada beberapa jam selanjutnya.Pada pagi besoknya, volume darah yang keluar pada saat tidur terhitung banyak hingga pembalut tak dapat menampung. Namun pada hari ini darah haid tidak keluar lagi dok, apa dalam kondisi haid maju dan hanya 2 hari termasuk normal? Atau mungkin gejala hamil?

    Halo amigdala nisa, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi adalah terjadinya peluruhan lapisan di dalam rahim yang disebut lapisan endometrium. Menstruasi normalnya memiliki jarak 21-35 hari dan lamanya adalah 2-7 hari, dengan volume darah berkisar antara 30-80 ml. 

    Bila anda mengalami perdarahan di luar siklus menstruasi anda dengan jumlah perdarahan sangat banyak hingga tidak tertampung di pembalut, kemungkinan anda mengalami yang disebut dengan menorrhagia dan metrorrhagia. Menorrhagia adalah perdarahan menstruasi yang jumlahnya sangat banyak atau lamanya menstruasi lebih dari 7 hari. Sementara itu metrorrhagia adalah perdarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi Beberapa kemungkinan penyebab gangguan yang anda alami antara lain:

    1. Siklus anovulasi atau disfungsi ovarium yaitu kondisi dimana ovarium tidak melepaskan sel telur saat masa subur
    2. Miom atau fibroid rahim
    3. Adanya polip pada rahim
    4. Pemakaian kontrasepsi hormonal (seperti pil KB, KB suntik, KB susuk)
    5. Pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR/IUD)
    6. Gangguan hormonal yang dapat terjadi pada kondisi obesitas (kelebihan berat badan), kelainan tiroid, resistensi insulin (diabetes), PCOS (polycystic ovary syndrome - sindrom polikistik ovarium) 
    7. Infeksi pada organ reproduksi
    8. Endometriosis
    9. Adenomiosis yaitu kondisi tumbuhnya jaringan endometrium pada otot dinding rahim
    10. Kanker rahim atau kanker serviks
    11. Gangguan pembekuan darah seperti adanya gangguan trombosit (trombositopenia, trombositosis, gangguan fungsi trombosit), gangguan faktor pembekuan darah, gangguan pembuluh darah
    12. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, warfarin, heparin
    13. Gangguan pada hati dan ginjal

     

    Bila menilik dari pertanyaan anda sebelumnya,  dimana pada tanggal 10 - 13 Oktober anda haid, dan pada tanggal 14 anda petting dengan pakaian lengkap dan pasangan anda orgasme di depan vagina anda, kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil, hampir tidak mungkin, karena anda tidak sedang berada dalam masa subur dan sperma yang keluar di luar vagina (terutama bila masih tertutup pakaian) kemungkinan tidak akan dapat masuk dan membuahi sel telur hingga menghasilkan kehamilan. Kehamilan dapat terjadi bila pada masa subur anda di bulan Oktober anda melakukan hubungan seksual kembali.

    Kondisi menorrhagia dan metrorrhagia bukanlah kondisi yang normal, sehingga sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab gangguan yang anda alami saat ini. Dokter dapat melakukan pemeriksaan darah, faktor pembekuan darah, pemeriksaan panel tiroid, pemeriksaan kadar hormon, pemeriksaan serviks, PAP smear, USG, dan lain sebagainya. Tata laksana yang diberikan akan disesuaikan dengan hasil temuannya. 

    Kondisi menorrhagia dan metrorrhagia bisa jadi menimbulkan bahaya tertentu bagi kesehatan anda, salahsatunya adalah kekurangan darah karena kehilangan darah sangat banyak melalui menstruasi. Segera pergi ke dokter bila anda mengalami kondisi berikut:

    1. Perdarahan sangat banyak hingga harus mengganti pembalut setiap satu hingga 2 jam
    2. Terdapat gejala pusing hingga pingsan
    3. Wajah dan bagian bawah mata terlihat pucat
    4. Ujung-ujung jari teraba dingin
    5. Terdapat nyeri perut hebat
    6. Terdapat demam
    7. Terdapat keputihan yang tidak normal

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia