Tanya Dokter

  • nyeri dan terasa panas di luka jahitan bekas melahirkan

  •  rihana pw
    Anggota
    Selamat siang dok , saya habis melahirkan kurang lebih 2.5 bulan yang lalu dan saya terkena jahitan sampe tingkat 3 .. yang saya rasakan sekarang anus saya sering terasa gatal dan panas bahkan nyeri sampe k bagian bokong sebelah kiri .. untuk duduk , jongkok , bahkan jalan pun terasa nyeri .. itu karena apa ya dok , apa jahitannya belum sembuh ? gimana caranya biar sembuh dok ? terus kapan saya bisa berhubungan lagi pasca melahirkan dok ? terimakasih

    Terima kasih Rihana pw atas pertanyaannya.

    Sebelumnya mohon maaf karena saya tidak mengerti maksud Anda jahitan sampai tingkat 3. Mungkin yang Anda maksud adalah Anda mengalami robekan jalan lahir sampai grade 3 dan dilakukan penjahitan pada robekan tersebut.

    Memang seringkali jalan lahir robek atau biasa disebut dengan ruptur perineum. Hal ini dapat terjadi jika kepala bayi besar ataupun bayi terlalu cepat keluarnya. Robekan sampai grade 3 sudah termasuk dalam sehingga memang penyembuhan lukanya akan lebih lama. Jika terjadi robekan sampai grade 3, maka dokter biasanya akan memberikan obat-obatan termasuk anti nyeri. Sebelum pasien dipulangkan pun dokter masih akan terus memeriksanya khususnya untuk menilai kontraksi rahim, perdarahan serta kondisi luka.

    Jika kondisi sudah dirasa aman, maka pasien akan dipukangkan dengan jadwal kontrol kembali sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika pada saat kontrol, dokter menilai sudah baik, maka Anda tidak perlu kontrol kembali. 2,5 bulan seharusnya jahitan Anda sudah sembuh, namun memang terkadang masih menyisakan nyeri. Jika nyeri yang Anda rasakan tidak kunjung berkurang, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter yang menangani Anda. Sambil menunggu ke dokter, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperi asam mefenamat.

    Mengenai hubungan sexual, sebenarnya tidak ada batasan khusus kapan hubungan seksual boleh dilakukan kembali, namun beberapa ahli berpendapat bahwa sebaiknya hubungan seksual dilakukan setidaknya setelah 1 bulan paska melahirkan. Hal ini bertujuan untuk menunggu kondisi organ reproduksi Anda kembali normal terlebih dahulu.

    Anda juga dapat membaca arikel terkait:

    Berhubungan seksual paska melahirkan

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya