Tanya Dokter

  • BAB nyeri berdarah dan kaitan dengan bekas jahitan

  • Selamat pagi dok. Dok saya mau bertanya saya udah 3bulan lebih Jaitan masih sakit dan tidak kering2/lama sembuh. Kata bidan Jaitan saya robek. Tapi cuma sedikit gak perlu di jait ulang. Tapi kenapa lama sembuh ya dok? Saya harus pake apa agar Jaitan saya cepat kering dan memulih. Ditambah selama BAB saya sakit dan berdarah, mungkin gak ya dok kalau yg berdarah atau sakit setiap BAB itu Jaitan saya? Karna saya di jait sampai anus2 dok. Menurut dokter nyambung gak? Tolong di bantu jawab ya dok. Terimakasih

    Hai,

    Episiotomi merupakan prosedur pembedahan sederhana untuk melebarkan jalan lahir serta mencegah robekan jalan lahir yang sulit diperbaiki saat persalinan spontan dari vagina. Luka episiotomi, karena dibuat secara sengaja, memiliki pinggir yang rata dan mudah dijahit. Karena itu, penyembuhan luka juga diharapkan terjadi lebih cepat, yaitu sekitar 2 minggu. Luka pada jalan lahir dapat dikategorikan menjadi 4 tingkat, yang pada tingkat 4-nya luka robekan mencapai selaput lendir anus. Karena itu, bisa jadi keluhan nyeri dan berdarah saat BAB berkaitan dengan luka jalan lahir tersebut.

    Luka yang sudah sembuh benar semestinya tidak lagi menimbulkan keluhan. Luka jahitan yang tidak kunjung sembuh setelah 1 bulan mencurigakan adanya gangguan penyembuhan luka. Gangguan penyembuhan luka bisa terjadi karena infeksi, malnutrisi dan gangguan pendarahan setempat (aliran darah). Anda sebaiknya memeriksakan kondisi tersebut ke Dokter Ahli Kandungan (Sp. OG). Dengan demikian kondisi jahitan bisa dinilai langsung dan dapat dilakukan perbaikan, biasanya berupa penjahitan ulang. Penjahitan ulang diperlukan untuk menyambung kembali jaringan yang robek / tidak menyatu.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma