Tanya Dokter

  • Jam Tidur Malam Bagi Pekerja sekaligus Mahasiswa

  •  Starsnowink
    Anggota

     halo dokter, saya adalah wanita berumur 19 tahun. kebetulan saya adalh pekerja sekaligus mahasiswa. saya berangkat kerja jam 7:15 dan pulang kerja jam 17:00 dan langsung pergi sekolah. saya mandi sore setelah pulang kelas yaitu jam 22:15 an dok. saya mau nanya apakah mandi di malam hari scr terus menurus akan berakibat buruk, karena bila tdk mandi, badan sy terasa tidak enak dok. dan bagaimana jam tidur yang benar, krn saya juga trsmk orng yg susah tdr tetapi gampang capek. sekian dok ditunggu jwban dan solusinya... thnk u

    Halo Starsnowink,

    Pertama, mandi adalah salah satu kebutuhan yang memang sebaiknya tidak terlewatkan terutama setelah beraktivitas, karena selain memberikan rasa segar juga menghindarkan dari penyakit kulit akibat kotoran dan kuman yang menempel. Sebenarnya tidak ada pantangan khusus untuk mandi di malam hari selama anda tidak memiliki keluhan setelahnya, misalnya alergi dingin. Ada baiknya jika memang memiliki kebiasaan mandi di malam hari gunakan air hangat dan hindari mandi terlalu lama.

    Kedua, jam tidur yang disarankan untuk seusia anda adalah 7-9 jam tiap hari dan disarankan agar tidak tidur terlalu larut. Memenuhi kecukupan waktu tidur akan membantu memulihkan stamina, membuat pelepasan hormon menjadi teratur, dan memperbaiki suasana hati. Penyebab sulit tidur ada yang bersifat emosional atau psikis (misalnya banyak pikiran, stress, kondisi ruangan/rumah tidak kondusif/banyak gangguan untuk tidur, kebiasaan begadang, dsb), kebiasaan mengkonsumsi kafein berlebih, efek samping obat-obatan tertentu, atau bisa juga akibat kondisi medis seperti insomnia. Jika anda memiliki kesulitan untuk tidur, anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

    • Disiplinkan diri untuk tidur pada jam yang sama tiap hari
    • Perbanyak aktivitas di siang hari
    • Sempatkan berolahraga rutin
    • Tenangkan pikiran sebelum tidur
    • Pastikan suasana kamar dan tempat tidur nyaman untuk anda
    • Hindari melakukan aktivitas yang menyita waktu lama menjelang tidur, seperti bermain komputer/game
    • hindari minuman/makanan berkafein di malam hari, minuman alkohol dan merokok
    • Hindari makan menjelang tidur
    • Anda dapat mencoba menggunakan lilin aromaterapi untuk membantu relaksasi

    Bila usaha-usaha di atas sudah dilakukan namun tidak terjadi perubahan pada kualitas tidur anda, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

    Anda dapat membaca artikel terkait: gangguan tidur

    cara tidur nyenyak

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira