Tanya Dokter

  • Solusi atasi luka perih akibat infeksi jamur

  •  Wahyu Hidayat
    Anggota
    Dok, saya pnya jamur kulit. Awalnya dari kuju yang mengelupas, kmudian kuku kembali berganti menjadi baru. Tapi kemudian menyebar kekulit di sekitar kaki jempol saya yg kiri dan kanan. Hingga kulit saya mengelupas dan menimbulkan luka yg menyebar dan terasa perih, jika trkena air maka luka itu jadi kmbali. Sampai saya bingung harus pakai apa. Saya sering pakai obat merah utk mngeringkan luka, tapi kadang bisa kering kadang berair lagi. Terimakasih dok

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter

    Kuku mengelupas dan kulit mengelupas dan perih disekitar jempol kaki yang Anda alami dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada kuku dan kaki. Jamur pada kuku disebut juga dengan tinea unguinum dapat mengenai salah satu kuku atau beberapa kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur yang sangat mudah berkembang pada lingkungan yang hangat dan lembab. Namun beberapa keadaan juga dapat menyebabkan gejala yang Anda alami, antara lain:

     

    Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter, untuk mengetahui penyebab dari gejala yang di alami agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan secara tepat, karena setiap penyebab memelukan penanganan yang berbeda-beda dan diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan penyebab dari gejala yang Anda alami. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan secara menyeluruh. Kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan pemeriksaan kerokan kulit pada daerah terebut untuk menentukan penyebab dari gejala yang dialami.

    Hal yang dapat Anda lakukan untuk saat ini antara lain:

    • Menjaga kuku tetap kering dan tidak lembab
    • Menggunakan kaos kaki yang menyerap keringat
    • Rutin mencuci kaki
    • Beristirahat yang cukup
    • Obat untuk jamur kuku jika diperlukan

     

    Semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Christian Haryanto