Tanya Dokter

  • Penanganan untuk jamur pada wajah

  •  amiichi
    Anggota
    halo dokter, saya mau tanya apa bisa jamur pada wajah di tularkan lewat landak? sudah 5 hari saya mengalami ruam wajah yang lama2 berubah jadi bentuk lingkaran dan disekitar lingkaran tersebut muncul benjolan seperti jerawat yang banyak. saya sempat periksa dan sudah diberikan obat salep. tapi tiap salep sudah dikasih, beberapa jam kemudian keluar cairan kuning, itu normal atau tidak ya dok? apa itu merupakan proses sembuh?apa cairan itu perlu saya lap? ruam merahnya juga jauh lebih berkurang dari sebelumnya.

    Terima kasih Amiichi atas pertanyaannya di forum Alodokter, jamur pada wajah dapat disebabkan oleh beberapa jenis keadaan salah satunya adalah tinea fasialis. Dimana kondisi tinea fasialis ini dapat berasal dari hewan atau berasa dari manusia itu sendiri. Penularan jamur ini dapat terjadi melalui kontak fisik secara langsung ataupun melalui penggunaan peralatan pribadi secara bersamaan, seperti handuk, dll. Pada kondisi tinea fasialis ini dapat timbul gejala berupa:
    - rasa gatal
    - tampak bercak merah dengan permukaan kulit yang bersisik di bagian tengahnya
    - dapat timbul dan menyebar ke daerah lainnya

    Pada keadaan ini biasanya penanganan dapat diberikan berupa obat-obatan yang berfungsi sebagai antijamur. Dimana biasanya penderita akan membaik dalam kurun waktu 4 hingga 6 minggu lamanya. Oleh sebab itu, sebaiknya Saudari tetap dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan kondisi yang dialami saat ini sebelum dapat diberikannya suatu penanganan yang tepat.

    Berikut terdapat artikel seputar tinea fasialis

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra