Tanya Dokter

  • Mengatasi jamur pada wajah

  •  amiichi
    Anggota
    dok, saya mau tanya. tanda tinea fasialis yang sudah mulai hilang apa ya? apa bekas tinea ini tidak bisa hilang secara sendirinya?. masa terkena tineanya sudah memasuki minggu ke 3. tapi penanganannya sudah 2minggu. tineanya sudah kempis dan rata, dan tidak ada benjolan berisi nanah lagi. saya perlu memastikan tanda2nya sebelum bisa menggunakan obat penghilang bekas bila diperlukan

    Hai,

    Tinea fasialis merupakan penyakit akibat jamur yang menyerang kulit daerah wajah. Penyakit ini umumnya akan menyebabkan gejala berupa gatal dan ruam merah pada area kulit yang terkena. Ruam merah kulit akibat jamur biasanya memberikan gambaran seperti bercak melingkar dengan pinggir yang tampak lebih jelas daripada sisi tengahnya. Diagnosis tinea fasialis ditegakkan melalui wawancara klinis dan pemeriksaan fisik langsung oleh Dokter / Spesialis Kulit (Sp. KK), dapat ditunjang dengan pemeriksaan kerokan kulit yang menunjukkan keberadaan jamur. Setelah diagnosis tegak, pengobatan umumnya mencakup pemberian obat anti-jamur, baik berupa obat oles maupun obat minum.

    Pengobatan jamur umumnya berlangsung selama 4 minggu. Pengobatan tersebut agak lama karena jamur biasanya melekat kuat pada kulit ari-ari, dan karena masa regenerasi sel-sel kulit dari lapisan bawah sampai lapisan permukaan adalah sekitar 4 minggu, maka pengobatan juga sebaiknya dipertahankan selama itu.

    Tanda perbaikan penyakit tinea umumnya cukup jelas, yaitu tidak adanya lagi gejala gatal dan memudarnya gambaran ruam kulit, biasanya sampai tanpa bekas. Bekas sisa infeksi lebih mungkin terjadi apabila terdapat riwayat infeksi tambahan (mis. karena garukan) atau infeksi jamur pada lapisan kulit lebih dalam. Untuk memastikan kesembuhan penyakit saat ini, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma