Tanya Dokter

  • Penyebab janin jarang bergerak

  • Pagi dok. Dok saya sedang hamil 20w tapi perasaan janin saya jarang bergerak gimana yah dok?

    Hallo Aurora Lestari,

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter,

    Pergerakan janin umumnya awal mulai dirasakan ibu mulai usia 17-20 atau ada yang mengatakan 17-25 minggu. Jika usia kehamilan anda 20 minggu dan gerakan bayi terkadang dapat dirasakan kadang tidak, hal tersebut adalah hal yang normal-normal saja. Biasanya dokter akan mulai merekomendasikan untuk menghitung pergerakan bayi pada usia kehamilan 28 minggu ke atas. Pada usia 28 minggu keatas pergerakan akan sudah stabil, Ibu biasanya merasakan 10 gerakan dalam 12 jam dan gerakan terkadang mulai lebih terasa terkadang seperti menendang. 

    Meskipun bisa berbeda-beda pada setiap wanita, berikut ini adalah patokan yang dapat anda gunakan untuk memantau gerakan bayi anda:

    • Kurang dari 12 minggu : bayi sudah banyak bergerak di dalam rahim, namun karena ukuran bayi masih sangat kecil, kemungkinan besar gerakan tersebut tidak dapat dirasakan
    • 13 minggu : gerakan bayi sudah mulai dapat dirasakan pada beberapa wanita (terutama pada kehamilan kedua dan seterusnya), namun pada sebagian besar wanita gerakan belum dapat dirasakan
    • 16 minggu : beberapa wanita  sudah dapat merasakan gerakan bayi pada usia kehamilan 16 minggu, biasanya hanya terasa sensasi seperti ada ikan yang berenang di dalam perut, getaran atau kedutan ringan di dalam perut, ataupun sensasi seperti kupu-kupu terbang di dalam perut. Kadang, gerakan bayi terasa seperti banyak gelembung udara yang bergerak-gerak di dalam perut, sehingga seringkali dianggap sebagai perut kembung.
    • 20 minggu : sebagian besar wanita sudah dapat merasakan tendangan bayi pada usia kehamilan ini
    • 24 minggu : gerakan bayi dapat terasa saat menyentuhkan tangan ke permukaan perut
    • 28 minggu : gerakan bayi dan tendangan bayi dapat terlihat di perut, pada usia kehamilan ini biasanya dokter akan menyarankan untuk mulai sering menghitung gerakan janin. Tendangan bayi kadang juga dapat menimbulkan gejala nyeri pada ibu.

    Namun anda dapat memeriksakannya ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan keadaan janin. Lakukan konsultasi mengenai keadaan ini dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan janin anda.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait Hamil 4 bulan.

    Semoga membantu dan bermanfaat,

    dr. Uswatun