Tanya Dokter

  • Janin meninggal dalam kandungan (IUFD) karena tali pusat terpilin

  • Hallo dok..

    Pada tgh 17 Mei saya kontrol dan USG 2D, janin dinyatakan sehat. tanggal 21 Mei pergerakan janin tidak seperti biasanya (berkurang gerakannya). tanggal 22 Mei saya mencoba USG dan janin saya dinyatakan IUFD (meninggal dalam kandungan) di usia 32 minggu. Alhamdulillah tgl 24 Mei janin bisa dilahirkan secara normal. Saat dilahirkan, tali pusat janin terpilin seperti kabel telepon dan itulah yang menyebabkan janin saya meninggal. dokter mencurigai saya mengidap lupus, sehingga dokter menyarankan saya untuk tes darah. tgl 14 juli saya tes darah untuk ANA, B2-GP1 IgG, dan B2-GP1 IgM. hasilnya sebagai berikut :

    ANA : non reaktif

    B2-GP1 IgG : non reaktif 1.5

    B2-GP1 IgM : non reaktif 3.2

    Apakah hasil tes tsb bagus dok? Karena saya belum sempat konsultasi kembali dengan dokter. Biasanya apa yang menyebabkan tali pusat janin terpilin dok? O ya tgl 27 Juli, saya haid pertama setelah melahirkan. Apakah aman untuk melakukan program hamil? Mohon jawabannya ya dok... Terima kasih.. :)

    Hai Ajeng Penyebab pasti dari tali pusat terpilin atau tersimpul tidak diketahui pasti, beberapa penyebabnya diduga akibat pendeknya tali pusat, gerakan janin dan banyaknya cairan ketuban sehingga menyebabkan tali pusat mudah tersimpul. Biasanya ini tidak terdeteksi dan dapat menyebabkan janin meninggal dalam kandungan secara tiba-tiba karena kurangnya asupan oksigen dari tali pusat. Dalam waktu kurang dari 10 menit, bila ari-ari (placenta) tidak dapat menyalurkan oksigen ke janin maka dapat mengakibatkan janin meninggal. Pemeriksaan yang Anda lakukan adalah untuk mendeteksi adanya penyakit lupus dan kemungkinan terjadi bekuan darah yang dapat menyebabkan keguguran berulang. Dari hasil menunjukan non reaktif sehingga kemungkinan dalam batas normal. Kapan memulai program kehamilan kembali tergantung proses persalinan yang lalu, bila tidak ada kendala apapun biasanya sudah dapat memulai promil kembali. Untuk lebih pastinya Anda dapat berkonsultasi langsung pada dokter Anda. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Terima kasih jawabannya dok.. O ya dokter saya sempat bilang bahwa tali pusat anak saya lebih kecil dari bayi pada umumnya dan kemungkinan terjadi diawal pembentukan janin. Apakah hal tersebut dapat dihindari sebelumnya dok? Apakah mungkin karena diawal kehamilan janin kurang asupan gizi? karena sampai usia 5 bulan kehamilan saya mengalami muntah parah, sulit minum vitamin yang diberikan dokter dan sempat diopname karena dehidrasi.. Terima kasih sebelumnya dok.. :)