Tanya Dokter

  • Mengatasi janin tidak berkembang

  •  Ab Yanza
    Anggota
    Selamat sore dok, saya fina umur 20 tahun, saya sedang hamil usia 10 Minggu dan hari senin kemarin saya USG ternyata janin saya tidak berkembang, dokter menyarankan saya untuk kuret namun saya tidak mau, dan saya diberi resep untuk beli obat "Cytotec". Namun sampai saat ini saya belum membeli obatnya karena saya takut obat itu tidak bereaksi terhadap janin saya. Apa ada obat lain yang bisa saya beli, dan hasilnya benar" efektif untuk janin saya?? Terimakasih dok.

    Halo. Janin tidak berkembang adalah kondisi dimana pertumbuhan janin tidak sesuai dan perkembangannya. Keadaan ini terjadi jika sel telur didalam rahim udah dibuahi, namun tak berkembang ke step berikutnya jadi embrio. Pada keadaan ini, kantung kehamilan tetap terbentuk, namun tak ada embrio di dalamnya.Biasanya janin yang tidak berkembang ini terdeteksi ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan USG.  Dalam pemeriksaan tersebut, janin ditemukan gambaran bahwa janin tidak dalam perkembangan yang semestinya. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab janin tidak berkembang.

    • Faktor utama yang meyebabkan janin tidak berkembang biasanya karena faktor genetik. Faktor genetik di sini maksudnya adalah sel sperma dan sel telur pasangan yang memiliki kualitas rendah.
    • Infeksi virus  pada awal masa kehamilan. Virus yang paling sering menyebabkan gangguan perkembangan janin yaitu virus TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex virus).
    • Kelaianan plasenta. Plasenta adalah organ yang berfungsi mengirim nutrisi dan oksigen untuk janin di dalam kandungan. Jika bentuk plasenta tidak sempurna atau ukurannya terlalu kecil, maka organ ini tidak dapat menjalani fungsinya dengan baik. Kondisi inilah yang memungkinkan janin mengalami IUGR karena mengalami defisiensi nutrisi atau oksigen sehingga janin tidak berkembang sewajarnya sesuai usia.
    • Selain itu janin yang tidak berkembang juga dapat disebabkan karena adanya pembekuan darah yang menghambat aliran darah dari ibu ke janin,
    • riwayat melahirkan bayi prematur,
    • kurang asupan nutrisi seperti asam folat,
    • usia ibu hamil terlalu muda, 
    • obesitas,
    • riwayat penyakit hipertensi dan diabetes mellitus.

    Penatalaksanaan untuk janin tidak berkembang ini adalah dengan tindakan medis yaitu melakukan kuretase. Sementara itu obat cytotec adalah obat golongan misoprostol yang merupakan analog prostaglandin. Obat ini berfungsi sebagai obat tukak lambung dan dapat bekerja meningkatkan gerakan otot (tonus) dinding rahim sehingga dapat membantu mengeluarkan janin yang tidak berkembang. Sebaiknya Anda konsultasikan kembali mengenai obat dan tindakan yang akan lakukan kepada dokter Anda. Membeli obat diluar resep dokter sangat tidak dianjurkan karena berbahaya bagi kesehatan Anda.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S