Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdebar dan tekanan darah rendah

  •  Dewi Shinta
    Anggota
    Dok saya mau tanya, usia saya 24 tahun, mahasiwa, dok tensi saya sering rendah, kemarin mlm sistol saya 70 mmhg diastol tidak teraba,saya kira bercanda 2 teman saya tensi 2x hasilnya sama,dg gejala nafas dalam, konjungtivitis pucat, gelisah, lemas pusing,dan terkadang saat ber aktivitas saya merasa jantung saya berdetak lebih keras dalam beberapa detakan sampai terasa di dada detakannya, tadi siang saya bawa ke dokter hanya di beri vitamin dan penambah darah, tapi malam ini terasa seperti kemarin malam lagi, apa tidak apa2 dok saya khawatir
    Dewi Shinta  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Dewi Shinta,

    Tekanan darah yang rendah ditandai dengan hasil pemeriksaan tekanan darah dengan nilai tekanan sistolik kurang dari 90 dan diastolik kurang dari 60. Tekanan darah rendah ini dapat ditimbulkan oleh beberapa kondisi seperti kurang cairan atau dehidrasi yang dapat menimbulkan syok hipovolemik, paparan sinar matahari yang lama, perdarahan seperti misalnya menstruasi dengan darah berlebihan, anemia, ketidakseimbangan hormon, faktor cuaca, kelainan jantung, reaksi alergi, efek obat tertentu dan kondisi lainnya.

    Gejala dari tekanan darah rendah dapat berupa jantung berdebar kencang, pusing, lemas, mual, limbung atau tidak seimbang, pucat dan badan dingin, napas pendek dan cepat, pingsan atau dehidrasi. Tekanan darah rendah juga dapat timbul mendadak ketika terjadi perubahan posisi secara seperti dari saat tidur keberdiri ataupun serangan darah rendah.

    Untuk itu perlu dilakukan evaluasi mengenai kondisi Anda terlebih jika sering mengalami tekanan darah rendah. Penanganan dapat berupa pemantauan tekanan darah secara berkala, memeriksakan kadar hemoglobin untuk menilai ada tidak nya anemia, pemeriksaan rekam jantung, tes darah lainnya ataupun juga beberapa tes lain untuk menilai kondisi yang Anda alami.

    Menerapkan pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya, beristirahat dengan cukup, makan-makanan bernutrisi dengan pola makan yang baik, mengonsumsi buah dan sayuran yang merupakan sumber vitamin dan mineral, berolahraga secara teratur, menghindari paparan sinar matahari terlalu lama dapat membantu menjaga kondisi tubuh dan menjaga tekanan darah tetap normal.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.