Tanya Dokter

  • Sakit dada hingga ke punggung

  •  AQila MutaQin
    Anggota

    dok.. nama saya aqila umur 18 tahun.. saya ingin konsul, saya sering merasakan sakit di dada kiri saya, namun tidak jarang juga dada bagian tengah dan kanan pun terasa sangat sakit, kadang sampai ke punggung dan ulu hati saya pun terasa sangat sakit, sampai sesak nafas, biasanya kalo sakitnya sedang terasa saya selalu memukul dada saya, tapi rasanya jauh lebih sakit, saat sakit berdiri pun saya sambil memegang dada, namun direbahkan pun terasa semakin sakit . dan ketika saya sedang memikirkan banyak hal, merasa kaget, mendapat bentakan, atau merasa sakit hati dada saya terasa semakin sakit . saya juga sempat periksa ke dokter spesialis jantung pembuluh darah, hasil rekamannya dokter itu memvonis saya menderita penyakit jantung bawaan lahir.. beberapa bulan kemudian saya coba periksa rontgen, namun saat itu hasilnya normal2 saja, tidak ada gangguan, hanya kata dokter saya menderita lambung bronkitis kronis.. menurut dokter bagaimana kondisi saya? dan cara apa yang harus saya lakukan?

    Halo,   Untuk mengetahui penyebab nyeri dada yang menjalar ke bagian punggung yang dikeluhkan selama ini, Anda akan memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh dan seksama. Menyeluruh dalam artian Anda melakukan pemeriksaan fisik secara terpadu dan melakukan beberapa jenis tes medis seperti tes darah, USG Jantung (EchoCardiografi), EKG, Treadmill test, Catheter, Endoskopi , X-Ray dada , MRI, CT SCAN dll sesuai dengan arah gejala yang Anda rasakan. Seorang dokter penyakit dalam mungkin bisa menganalisa keluhan awal Anda, jika ternyata ada indikasi ke arah jantung maka biasanya dokter akan merujuk Anda ke dokter SpJP atau melakukan rawat bersama. Nyeri dada yang menjalar ke punggung bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan jantung = Serangan jantung, Angina, Miocard Infark, Gagal jantung dll.
    2. Gangguan otot  / cedera baik otot dada / otot punggung dan tulang rawan pada iga.
    3. Gangguan lambung = tukak lambung , batu empedu, hiatus hernia dll.
    4. Gangguan paru = pneumonia, emfisema, atelektasis , pneumothoraks dll.
    5. Stress psikis = gangguan kecemasan, depresi dll.
    6. dll
    Dengan pemeriksaan seksama maka Anda bisa mengetahui penyebab keluhan Anda dan mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga keluhan Anda dapat berkurang / bahkan menghilang. Jangan berpindah pindah dokter yang justru bisa membingungkan hasil pemeriksaan Anda , namun jika ternyata dokter yang satu kurang memuaskan dalam hal menjelaskan penyakit Anda maka Anda bisa mencari opini kedua pada dokter lain dengan spesialisasi yang sama. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab keluhan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan tersebut. Jika ternyata keluhan Anda tidak berkurang dan menghilang seperti yang Anda rasakan maka Anda bisa mendiskusikan secara seksama dengan dokter yang merawat Anda. Baca artikel terkait keluhan Anda yaitu :
    1. Dispepsia
    2. Serangan Jantung
    3. Angina
    4. Penyebab Nyeri dada
    Semoga membantu.   dr. Yusi