Tanya Dokter

  • Bayi mengalami pembengkakan jantung dan penurunan gula darah

  •  Zaidi
    Anggota

    Pernah saya temui bayi baru berumur 1 hari jantungnya bengkak dan gula darahnya dibawah standart normal. ini diketahui dari hasil rotgen dan cek darah.

    Pertanyaannya dok, apakah ini penyakit bawaan atau muncul setelah persalinan. Kalau " BAWAAN" apa penyebabnya dan atau sebaliknya...

    Mohon penjelasan dan tindakan yang harus dilakukan...

    Halo,   Pembengkakan jantung pada bayi baru lahir bisa disebabkan karena penyakit jantung bawaan atau penyakit jantung didapat. Penyakit jantung bawaan maksudnya adalah kelainan jantung yang telah terjadi dalam kandungan saat bayi masih berupa janin dan terbawa sampai proses kelahiran.  Penyebab jantung bawaan bisa dikarenakan :

    1. Faktor genetik kedua orang tuanya.
    2. Kelainan medis yang dialami ibu saat kehamilan = penggunaan obat tertentu saat hamil dll.
    3. Penyakit ibu saat hamil = infeksi virus, diabetes mellitus dll.
    Sementara penyakit jantung didapat adalah penyakit jantung yang terjadi saat bayi sudah melalui proses kelahiran yang normal. Penanganan penyakit jantung bawaan perlu disesuaikan dengan kondisi penyebab kelainan jantung yang diderita bayi. Sehingga akan diperlukan pemeriksaan secara seksama dan menyeluruh pada bayi. Beberapa kondisi yang perlu dicurigai akan adanya indikasi gangguan jantung antara lain pada kondisi seperti :
    1. Berat badan bayi lahir rendah.
    2. Kurang bulan.
    3. Ukuran berat bayi yang besar.
    4. Ibu penderita DM, gangguan tiroid yang mendapatkan terapi / tidak.
    5. Kelahiran kembar.
    6. Usia ibu tua saat kehamilan.
    7. Ibu memiliki riwayat penyakit jantung.
    8. dll.
    Kadar gula darah yang rendah pada bayi kadang merupakan hal yang normal terutama pada 3 hari pertama kelahiran bayi, namun tubuh bayi mampu mengakomodasi kebutuhan gula dengan mengeluarkan cadangan gula pada tubuhnya. Untuk menangani penurunan kadar gula maka sebaiknya segera berikan ASI sedini mungkin, berikan kontak langsung bayi dengan ibunya, dan jika terdapat keluhan seperti keringat dingin / kejang dll maka pemberian cairan glukosa akan diperlukan pada bayi. Saran terbaik kami adalah periksakan bayi tersebut ke dokter anak sesegera mungkin agar mendapat penanganan optimal. Baca artikel mendeteksi kelainan pada bayi saat kandungan. Baca topik Kelainan jantung pada bayi. Semoga membantu.   dr. Yusi