Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdebar-debar disertai sesak napas

  •  rezkyazhary
    Anggota
    Dok sama mau tanya, nama saya rezky dok umur 23 seorang perokok aktif dari kelas 1 smp, dan baru berhenti sekitar sebulan . Saya mau tanya dok penyakit pertama saya sesak nafas dan kalau batuk keluar lendir putih, lama kelamaan lendirnya bercampur darah, jadi saya periksa ke salah satu rumah sakit di kota saya ( makassar ) . Kata dokternya saya cuman sakit asma dan jantung menipis . Tapi tiap malam hari ini dok udah 3 hari dada saya seperti ada yang mengganjal dan jantung saya kadang berdetak tdak menentuk ketika malam hari, kira2 saya kena penyakit apa yah dok .. Terima kasih sebelumnya dok .

    Halo Rezky,
    mengenai keluhan anda,sebenarnya perlu ditanyakan riwayat sebelumnya,seperti berapa lama jantung anda berdebar? biasanya berdebar saat anda melakukan aktifitas apa? Apakah disertai gejala lain seperti sesak napas? Penyakti riwayat anda sebelumnya? pemeriksaan apa saja yang telah dilakukan? obat-obatan yang rutin dikonsumsi?
    Pada keluhan anda,jantung berdebar adalah sensasi saat frekuensi dan kekuatan jantung berdenyut melebihi normal,denga ritme yang kuat,cepat dan tidak beraturan. Biasanya dirasakan di area leher,tangan,atau kaki,dan dada. Jantng berdebar dapat berupa hal normal atau tidak normal,seperti:
    1. Kelelahan
    2. Olahraga
    3. Perubahan hormonal
    4. Efek obat-obatan
    5. kepanikan/kecemasan
    6. Penyakit kronik (hipertiroid,penyakit jantung,dll)
    Untuk melakukan penanganan pada kasus anda,sangat diperlukan riwayat anda sebelumnya,pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang secara menyeluruh,misalnya EKG/rekam jantung,spirometri (untuk mengukur kemampuan paru-paru mengembang),rontgen. Penanganan sementara yang dapat anda lakukan adalah:
    1. Tidak merokok dan minum alkohol
    2. Tidak panik saat nyeri dada dan saat berdebar
    3. Istirahat jika terjadi serangan
    4. Berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam segera,karena hal yang anda alami adalah indikasi segera untuk berobat dan dilakukan pemeriksaan serta penanganan.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen