Tanya Dokter

  • jantung berdetak cepat dan sering pusing

  •  soleh
    Anggota

    Halo dok..sya pasien tb yang mengkonsumsi obat oat fdc..knpa stelah 5hari ini slma minum obat dri puskesmas obat oat fdc ini sering pusing dan jantung berdetak cepat..sblum nya sya konsumsi obat dri klinik dengan obat oat tablet terpisah..tpi tidak sering pusing dan jantung berdetak cepat..yang ingin sya tanyakan...apakah efek samping dri obat oat fdc ini.,dan sya minum obat oat fdc ini 3tablet sehari di pagi hari sblm mkan.apa itu sesuai dgn brt bdan sy yg skrg trundrastis..dri sblmnya yang 48kg skrg 43kg,,.??

    Halo, Obat FDC(Fixed Drug Combination) merupakan obat kombinasi dengan dosis tetap yang dapat mengandung 3-4 obat. FDC untuk tuberculosis diberikan dengan tujuan memudahkan pasien dalam minum obat TB karena jumlah tablet yang lebih sedikit dan meminimalkan efek samping OAT. Efek samping yang dapat ditimbulkan FDC OAT sama dengan OAT yang umum diberikan, diantaranya:

    • gangguan keseimbangan
    • mual, muntah, nyeri perut dan penurunan nafsu makan
    • nyeri sendi
    • gatal dan kemerahan di kulit, kesemutan
    • urine berwarna oranye, merah
    Penurunan berat badan yang drastis mungkin disebabkan oleh proses dari penyakit tuberculosis itu sendiri. Penyakit TB  merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang cukup drastis. Seiring dengan kesembuhan penyakit, maka berat badan akan kembali naik. Efek samping pencernaan diatas dapat disertai gejala pusing dan debar-debar, untuk menyiasatinya Anda dapat makan dalam porsi kecil-kecil tetapi sering. Penyakit TB sangat membutuhkan kepatuhan pasien dalam minum obat secara teratur dan tuntas. Jangan sampai karena timbul efek samping maka terjadi putus obat, jika masih muncul efek samping Anda dapat konsultasi dengan dokter yang menangani Anda sehingga dapat ditentukan penanganan yang terbaik. Artikel ini dapat membantu: Tuberculosis Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar