Tanya Dokter

  • Jantung bocor dikarenakan infeksi

  •  Arie Haryono
    Anggota

    Halo Dokter

    Mohon pencerahan, saya mengalami infeksi jantung sehingga jantung bocor dikarenakan ada vegetasi yang menyadi sarang bakteri. Apakah harus dilakukan tindakan operasi pada jantung saya?

    Saya belum dilakukan operasi jantung dan kondisi saya sudah membaik akan tetapi harus minum obat (antibiotik, penurun tekanan darah, dll). selain tindakan operasi apakah obat / terapi untuk memperbaiki jantung bocor dan ada vegetasi?

    Dan satu pertanyaan lagi apakah dengan kondisi jantung bocor apakah tidak diperbolehkan naik pesawat?

    Atas bantuan dokter saya ucapkan terima kasih 

     

    Halo Arie,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Adanya infeksi yang dapat menyerang jantung Anda sehingga menimbulkan kelainan pada katup dapat disebut dengan endokarditis. Endokarditis akan terjadi bila kuman masuk ke dalam aliran darah, kemudian masuk ke jantung dan melekat pada katup jantung yang tidak normal, atau merusak jaringan jantung.

    Ada beberapa cara kuman bisa masuk ke dalam aliran darah seseorang, antara lain melalui:

    §  Kateter atau jarum suntik. Bakteri bisa masuk melalui kateter dan jarum yang terkontaminasi.

    §  Infeksi atau kondisi medis lainnya. Bakteri dapat masuk ke jantung dari bagian tubuh lain yang terinfeksi.

    §  Beberapa prosedur perawatan gigi. Beberapa prosedur perawatan gigi bisa melukai gusi dan membuat bakteri masuk ke aliran darah.

    §  Aktivitas mulut harian. Kegiatan seperti menggosok gigi dan mengunyah makanan bisa menyebabkan masuknya bakteri ke aliran darah terutama bila kondisi gigi dan gusi buruk.

     Ada dua cara pengobatan bagi penderita endokarditis yaitu pemberian antibiotik dan pembedahan. Antibiotik biasanya menjadi langkah pengobatan pertama penderita endokarditis.

    Tujuan pemberian antibiotik bagi penderita endokarditis adalah untuk menghilangkan infeksi akibat bakteri. Antibiotik dosis tinggi umumnya dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus, dan penderita harus menjalani pengobatan ini biasanya dua hingga enam minggu.

    Jika infeksi sudah terlanjur merusak katup-katup jantung, maka penderita endokarditis akan ditangani dengan tindakan pembedahan. Tindakan ini perlu dilakukan untuk mengobati infeksi yang tidak kunjung sembuh atau untuk mengganti katup jantung yang rusak. 

     Diskusikan kondisi perjalanan penyakit Anda dengan dokter Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk menggunakan transportasi dengan pesawat apabila kondisi jantung Anda dalam keadaan yang stabil dan infeksi telah membaik masih aman untuk melakukan perjalanan dengan pesawat. Periksakan kondisi Anda ke dokter sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar