Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala jantung berdebar, sesak napas dan perut kiri juga kanan terasa sakit

  • Saya mau nanya dok saya sering merasakan jantung saya itu lemah

    terkadang jantung saya itu berdetak kencang setelah itu pelan lalu kencang lagi tak karuan membuat saya lemah dok itu penyakit apa dok..?

    satu lagi dok dibagian perut kiri dan kana saya dok sering merasakan

    sakit yang teramat sakit tapi hanya sebentar dok tapi penyakit itu sering kambuh itu saya terkena penyakit apa ya dok.?

    dada saya sesak juga dok sering kambuh terkadang susah bernafas saya minta informasi dari dokter saya terkena penyakit apa aja dokter saya ingin tau dari dokter dulu baru saya cek pasti ke rumah sakit terdekat :)

    Terima kasih Alvaro Satria Iqva atas pertanyaannya. Sebenarnya, istilah jantung lemah tidaklah lazim digunakan dalam bahasa kedokteran, karena itu, saya tidak memahami yang Anda maksud dengan jantung lemah. Namun, jika dilihat dari keluhan Anda, ada 2 kemungkinan yang terjadi pada Anda: 1. Palpitasi, yaitu perasaan berdebar-debar atau detak jantung terasa kencang. Dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan istilah deg-degan 2. Aritmia, yaitu ketidakteraturan detak jantung, kadang cepat dan kadang lambat sehingga seringkali menyebabkan pasien merasa sesak. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan keluhan tersebut, seperti: 1. Gangguan cemas 2. Hipertiroid 3. Sesak akibat berbagai hal 4. Kelainan pada listrik jantung 5. dan lain-lain Mengenai perut Anda yang sering sakit berpindah tempat, sebenarnya tidaklah khas untuk menggambarkan suatu penyakit. Namun, jika dilihat dari keseluruhan keluhan Anda, kemungkinan Anda mengalami fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan suatu kondisi di mana penderitanya sering mengalami nyeri yang berpindah-pindah di berbagai tempat. Hal ini seringkali dipicu dengan faktor psikologis. Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah memang yang Anda alami ini adalah fibromyalgia. Diperlukan berbagai pemeriksaan untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab penyakit yang lain. Yang perlu Anda perhatikan di rumah adalah: 1. Pada saat apakah jantung Anda berdetak tidak beraturan 2. Kapan dan faktor-faktor apa saja yang mencetuskan nyeri perut Anda Anda juga dapat membaca artikel terkait: Fibromyalgia Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya