Tanya Dokter

  • penyebab jantung berdetak lebih cepat

  • Dok, 2 bulan belakangan ini saya sering merasa jantung saya berdetak agak gak wajar awalnya saya pikir cuma kecapean tapi semakin kesini semakin gak enak rasanya, setiap setelah makan saya merasa gelisah, jantung saya berdetak tidak seperti biasanya, kadang juga disertai pusing dan lemas.

    Selain itu saya juga kok belakangan ini cepet banget cape padahal cuma naik tangga 2 lantai tapi jantung saya berdetaknya cepet banget dok, sampe badan saya juga gemetar ditambah lagi nafasnya susah.

    tolong dijawab ya dok saya takut .....

    Halo Siti........ Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan yang terkait jantung yang dalam bahasa medis disebut sebagai takikardia. Takikardia sendiri merupakan kondisi dimana detak jantung seseorang di atas normal dalam kondisi sedang beristirahat. Detak jantung orang dewasa normal nya adalah 60 - 100 kali permenit. Sedangkan penderita takikardi detak jantungnya dapat lebih dari 100 kali permenit. Selain dari detak jantung yang terasa cepat, gejala yang menyertai dari takikardi sendiri diantaranya adalah : jantung berdebar - debar, tiba - tiba merasa lelah, merasa gelisah atau kebingungan, pusing, sesak napas, dll. Faktor pemicu penyebab dari takikardi diantaranya adalah : anemia, merokok, hipertiroidisme, tekanan darah tinggi, stress psikologis, gangguan pada jantung, olahraga yang berat, dsb. Jika kondisi ini masih saja Anda alami sampai saat ini, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan medis, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes laboratorium darah, rekam jantung, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat pun dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : TAKIKARDIA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati