Tanya Dokter

  • Jarang sarapan dan dampak bagi kesehatan

  •  Amalia_pm
    Anggota
    Selamat malam dok, dok saya ingin bertanya. Jadi saya itu jarang sekali sarapan dok. Dulu waktu SMA saya sarapan jam 10 kemudian makan siang jam 2. Tapi semenjak kuliah hampir setiap hari saya tidak pernah sarapan dok. Karena kuliah pagi dan tidak sempat menyiapkan sarapan. Terkadang masih sempat minum susu atau makan roti, itupun jarang sekali dok. Kalau tiap pagi rasanya malas makan. Dan biasanya saya baru makan itu sekitar jam 11 bahkan lebih dari jam itu. Yang mau saya tanyakan, apakah kemungkinan suatu hari saya terkena penyakit yang serius dok? Mengingat saya punya riwayat penyakit maag tapi jarang kambuh, dan juga saya sangat suka dengan makanan pedas, apakah bisa berpengaruh untuk kesehatan saya dok?. Terima kasih..

    Halo Amalia_pm.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa sarapan sebenarnya merupakan waktu makan terpenting dalam satu hari. Sarapan sendiri merupakan bahan bakar membuat Anda dapat memulai aktivitas sehari-hari.

    Seorang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi lebih mungkin untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan lemak dan kolestrol.

    Berikut ini manfaat sarapan, diantaranya adalah : membantu melindungi tubuh dari penyakit, meningkatkan kemampuan otak, membantu menurunkan berat badan, memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Para ahli mengungkapkan bahwa seseorang yang jarang melakukan sarapan, dapat saja mengidap suatu penyakit, diantaranya adalah : meningkatnya kadar kolesterol jahat, besar terkena risiko penyakit jantung, meningkatkan risiko kanker payudara, dan lain sebagainya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SARAPAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati