Tanya Dokter

  • Jari tangan dan kaki terasa tebal namun tidak bengkak

  • Selamat malam dokter,saya ibu usia 28th dengan 2 anak (anak ke2 masih minum asi/sy menyusui langsung).Sudah seminggu ini sy merasakan jari tangan,lengan,jari kaki dan kaki terasa tebal seperti bengkak,namun pada kenyataannya tangan dan kaki sy tidak bengkak sama sekali.Selain itu sudah 1 bulan lebih tumit sy terasa sakit saat berjalan.Sebelumnya sy cenderung mudah naik trigliserida-nya.Apakah itu terkait dengan trigliserida nya atau bagaimana ya?Mengingat masih menyusui anak usia 7bulan makanan apa yg dapat sy konsumsi untuk menjaga kualitas asi dan makanan apa yg harus dihindari? Sebelumnya terima kasih atas informasinya

    Selamat Pagi Ibu,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.

    Keluhan berupa jari tangan, lengan, jari kaki dan kaki yang terasa bengkak, tumit terasa sakit saat berjalan, dapat disebabkan oleh satu masalah kesehatan, atau beberapa masalah kesehatan. Untuk memastikannya diperlukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes darah, rontgen. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke Dokter ya, agar dapat ditelusuri penyebab yang mendasari keluhan dan diberi penanganan yang sesuai. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah dan juga merupakan zat yang disimpan di dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak di dalam tubuh. Tidak terdapat gejala yang khas apabila kadar trigliserida kita tinggi di dalam darah, pada kasus yang jarang, keluhan dapat berupa nyeri perut, mual, muntah, nafsu makan menurun. Jadi seharusnya tidak ada kaitan antara kadar trigliserida yang tinggi dengan keluhan Ibu saat ini.

    Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Jadi, periksakan langsung ke Dokter ya Bu. Mengenai asupan makanan yang perlu dikonsumsi selama menyusui, Ibu dapat membaca artikel berikut:

    Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

    Apabila dari hasil pemeriksaan Dokter menyatakan ibu memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya mulailah diet dengan rendah purin, yaitu menghindari jeroan, daging sapi, domba, ikan teri, sarden, kerang, kuah daging yang kental (kaldu).

    Sekian semoga bermanfaat,

    dr. Annes