Tanya Dokter

  • Jari Tangan Bengkok Dan Tidak Bisa Ditekuk

  •  Ayu Kurnia
    Anggota

    Dok,saya berusia 16 thn,2 bulan lalu saya mengalami kecelakaan,lebih tepatnya ditabrak motor.Itu membuat tulang jari manis tangan kanan saya patah.Saya langsung dibawa ke rumah sakit dan dioperasi dan dipen.Dokter jga mengatakan kalo uratnya ada yg putus.Sekarang pennya sudah diambil tapi jari tangan saya bengkok dan tidak bisa ditekuk.Dokter yg erawat sya bilang kalo patah dijari emang ngga bsa sembuh total.Apa ada cara agar jari tangan saya kembali lurus dan bisa ditekuk..terimakasih.

    Halo Ayu,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Urat yang dimaksud dokter tersebut kemungkinan adalah tendon, yaitu jaringan yang menghubungan otot dengan tulang. Tendon berfungsi dalam membantu gerakan anggota gerak termasuk tangan. Pada tangan terdapat dua kelompok tendon, yaitu tendon ekstensor (yaitu tendon yang membantu untuk meluruskan jari tangan) dan tendon fleksor (yaitu tendon tang membantu membengkokkan jari tangan). Jika Anda tidak dapat membengkokkan jari Anda, kemungkinan yang terkena cedera/ yang putus adalah tendon fleksor. Operasi perbaikan tendon fleksor lebih sulit daripada tendon ekstensor karena ketika putus, tendon ini sulit dicari dan tendon ini umumnya terletak dekat saraf.

    Operasi pada kedua jenis tendon ini memerlukan periode pemulihan yang panjang (rehabilitasi) karena tendon sudah dioperasi akan tetap lemah hingga sembuh total. Pada umumnya, dibutuhkan waktu hingga tiga bulan agar tendon yang diperbaiki dapat kembali seperti sediakala. Cedera pada tendon fleksor umumnya lebih serius karena tendon ini mendapatkan bebann lebih besar daripada tendon ekstensor dalam melakukan fungsinya. Setelah perbaikan tendon fleksor, merupakan hal yang cukup umum bahwa jari tidak dapat sembuh sepenuhnya atau dengan kata lain tidak dapat kembali bergerak normal (dalam kasus Anda tidak dapat menekuk sempurna). Namun, operasi perbaikan tendon masih akan memberikan hasil yang lebih baik daripada tidak menjalani operasi.

    Silakan Anda coba berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik mengenai latihan apa yang dapat Anda lakukan secara teratur untuk membantu mengembalikan fungsi jari tersebut. Tidak jarang, latihan-latihan ini dapat mengembalikan fungsi gerakan jari Anda.

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia