Tanya Dokter

  • Jari tangan kaku

  •  Novi hwang
    Anggota
    apakah saya wajib kunsultasi ke dokter.. Karena sakit hanya di tiga jari dan pasti di pagi hari.. Bingug dok.. Karna usia sya juga masih 26th .. Saya baca artikel" pnykit ini biasa di rasakan oleh org usia 40rt

    Halo Novi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa jari tangan yang kaku dan terasa sakit, paling sering disebabkan oleh yang dalam bahasa medis disebut sebagai Carpal Tunnel Syndrome ( CTS ).

    CTS sendiri merupakan salah satu jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh tekanan berulang dan iritasi saraf medianus pada tangan. Penyakit ini umumnya terjadi karena trauma akibat pekerjaan yang dilakukan secara terus menerus, seperti mengetik, menulis, mengepak barang.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah di sebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : riwayat cedera, dehidrasi atau kekurangan cairan, rheumatoid arthritis, kekurangan kalsium dan kalium, gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan saraf, obat - obatan tertentu yang rutin dikonsumsi, dan lain sebagainya.

    Jika memang hal ini sudah sering Anda alami, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit saraf Atau neurologi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, rontgen, EMG, dll., sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Demikian penjelasan dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati