Tanya Dokter

  • Jari tertusuk pada ibu hamil

  • Assalamualaikum..selamat malam dokter saya ibu yang sedang hamil ingin bertanya apa resiko jika jari tangan sy habis tertusuk namun entah tertusuk apa,,tiba2 sj td pagi tangan sy terasa sakit dan sy minum 1 butir obat antibiotik. Apakah itu akan mengganggu janin sy dok?

    Halo Fenni Aisyah Rabbani, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Mengkonsumsi obat-obatan dalam masa kehamilan perlu kehati-hatian tinggi, terutama pada kehamilan trimester pertama di mana sedang terjadi pembentukan organ tubuh bayi di dalam kandungan. Beberapa jenis obat-obatan juga dapat berbahaya bagi kehamilan di trimester kedua dan ketiga.

    Mengkonsumsi antibiotik juga perlu berhati-hati, ada antibiotik yang aman digunakan oleh wanita hamil, namun ada yang tidak boleh digunakan wanita hamil karena dapat menimbulkan kecacatan tertentu pada janin. Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya anda selalu berkonsultasi dengan dokter atau dokter kandungan anda terlebih dahulu. Konsumsi antibiotik juga tidak boleh sembarangan. Mengkonsumsi antibiotik secara tidak benar (misalnya menggunakan antibiotik tanpa indikasi, menggunakan antibiotik secara tidak tuntas) dapat menimbulkan bahaya resistensi bakteri terhadap antibiotik. Hal tersebut dapat merugikan diri anda dan orang di sekitar anda karena saat anda mengalami sakit karena infeksi bakteri, antibiotik yang sama tidak dapat lagi digunakan untuk menangani infeksi tersebut.

    Untuk mengetahui ada tidaknya bahaya bagi janin anda, perlu diketahui terlebih dahulu obat antibiotik apa yang anda minum, sehingga anda dapat menanyakan kembali pertanyaan yang sama dengan mencantumkan jenis antibiotik yang anda konsumsi.

    Sebaiknya setelah ini, jangan mengkonsumsi obat-obatan tanpa ijin dokter kandungan anda lagi, termasuk di dalamnya suplemen dan obat-obatan herbal.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia