Tanya Dokter

  • Jarum

  •  Meisters000
    Anggota
    Hai dok .. dok saya mau tanya lagi .. apakah ketika kita bergantian jarum suntik dengan orang yang sehat tanpa ada virus hiv atau hepatitis (mungkin saat imunisasi pada bayi kembar dan menggunakan jarum yang sama ) apakahmasih dapat menularkan virus ? Hiv terutama .. dan apakah saat bersalaman dengan odha lalu memegang luka yang berdarah apakah dapat menularkan virus dok ? Sekian dok

    Halo Meister, terima kasih atas pertanyaannya. HIV merupakan virus yang hidup dalam tubuh manusia. Virus ini menginfeksi sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tidak dapat lagi membentuk antibodi untuk melawan infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh. Virus ini ditularkan melalui darah dan cairan tubuh seperti cairan vagina, sperma serta ASI. Berikut beberapa proses yang dapat menularkan virus HIV dari orang yang terinfeksi ke orang yang sehat:

    • penggunaan jarum suntik bergantian
    • hubungan seksual
    • dari ibu dengan HIV ke bayinya
    • transfusi darah

    Berjabatan tangan dengan seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS tidak akan menularkan virus tersebut pada Anda. Memegang luka yang berdarah tidak serta merta menularkan virus tersebut. Virus yang berada di luar tubuh manusia tidak bisa bertahan lama. Selain itu walaupun darah yang mengandung virus tersebut kita sentuh, virus itu perlu luka terbuka atau jalur masuk ke dalam tubuh kita karena virus tersebut tidak dapat menembus kulit.

    Sementara untuk virus hepatitis memiliki proses penularan yang berbeda-beda. Sebagian besar virus hepatitis bisa ditularkan melaui darah dan cairan tubuh, namun virus hepatitis B lebih infeksius daripada virus HIV. Pada teorinya, suatu jarum yang dipakai bergantian dengan orang yang sama-sama sehat tidak akan menularkan virus HIV atau hepatitis. Namun sebaiknya untuk menghindari risiko infeksi-infeksi menular yang ada, gunakanlah jarum imunisasi satu orang satu atau tidak bergantian.

    Semoga bermanfaat,

    dr.Anissa