Tanya Dokter

  • Periode jendela penyakit hiv

  •  Gobent
    Anggota
    Siang dok bulan 11 th17 melakukan hub beresiko dok dan bulan 1 th18 melakukan hub yg sya anggap tidak beresiko dan gejala saya timbul sperti nyeri sendi dan otot pegal" perut mual/diare telapak tangan sperti ksemutan dan hangat telapak kaki suka dingin pegel/nyeri di tengorokan serta tangan kadang" gemetar dan badan suka mengigil dan pertanyaan : 1. Periode jndela apa yg sy pakai dok apa di bulan 11 atau masuk jndela baru dok..? 2. Gejala yg sy alamai itu apa dok..?
    Gobent  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Gobent,

    Periode jendela atau window period merupakan rentang waktu yang dibutuhkan suatu penyakit dari mulai penularan sampai dengan dapat terdeteksi oleh suatu pemeriksaan, contohnya pada infeksi HIV (Human immunodeficiency virus). Dikarenakan Anda tidak menanyakan secara jelas masa jendela penyakit tertentu maka saya akan membahas mengenai masa jendela penyakit HIV/AIDS yang dapat ditularkan melalui hubungan berisiko. 

    HIV merupakan penyakit akibat virus yang dapat menulari seseorang melalui berbagai cara, yakni :

    • Melalui aktifitas seksual
    • Pengunaan peralatan suntik yang terkontaminasi virus
    • Dari ibu ke janin melalui proses kehamilan
    • Dari ibu ke bayi melalui proses menyusui
    • dsb
    • Periode jendela penyakit HIV berkisar antara 2 minggu sampai dengan 3 minggu paska pajanan. Bila Anda merasa khawatir mengenai kondisi kesehatan Anda maka saya sarankan untuk melakukan VCT (pemeriksaan sukarela) HIV/AIDS setelah 3 bulan paska kegiatan berisiko agar mendapat hasil yang sesuai.

      Infeksi HIV/AIDS sendiri tidak menimbulkan suatu keluhan secara spesifik karena virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu melawan berbagai infeksi bakteri atau virus sehingga penyakit ringan seperti flu atau batuk dapat berakibat fatal pada kondisi HIV.

      Terlepas dari kemungkinan hasil pemeriksaan Anda, Anda sebaiknya menghindari berbagai kegiatan yang berisiko menularkan penyakit tersebut. Anda juga sebaiknya menghindari aktifitas seksual dengan orang lain sebelum status kesehatan Anda diketahui.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Berisiko terkena penyakit kelamin akibat seks bebas

      HIV/AIDS

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono