Tanya Dokter

  • Benjolan di anus dan terasa sakit

  • siang dokter, saya ingin menanyakan perihal masalah yang saya alami sekarang,
    ada jendolan kecil di bagian a*us tadinya ada satu, karena saya malu untuk memeriksanya ke dokter akhirnya saya diamkan sampai skrg jendolan trsbt bertambah di berlawanan arah, dulu sering merasa sakit jika setelah p*p tapi skrg saya tidak merasakan sakit apapun ketika buang air besar, yang saya takutkan adalah jika keadaan ini semakin memburuk, bagaimana cara penyembuhannya dok, apa bahaya jika saya diamkan saja? terimakasih

    Halo hengki aini ramadhan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Jendolan di anus yang anda miliki tersebut kemungkinan besar adalah ambeien atau yang disebut juga dengan hemoroid. Hemoroid adalah suatu benjolan di anus yang muncul karena pelebaran pada pembuluh darah vena di anus dan usus besar sebelah bawah. Hemoroid dapat muncul karena beberapa hal, antara lain:

    1. Mengedan terlalu kuat saat BAB dan saat persalinan
    2. Tekanan pada vena di anus yang meningkat pada kehamilan besar
    3. Obesitas atau berat badan berlebih
    4. Gesekan pada mukosa anus seperti karena hubungan seksual melalui anus

     

    Hemoroid ada 2 jenis, pertama adalah hemoroid internal yang terletak di dalam anus dan hemoroid eksternal yang muncul di bawah kulit sekitar anus. Meskipun hemoroid internal terletak di dalam anus, hemoroid ini juga bisa menonjol keluar melalui lubang anus. Untuk menentukan pengobatan, perlu diketahui derajat tingkat keparahan hemoroid internal terlebih dahulu:

    1. Hemoroid grade I : penonjolan terjadi ke dalam saluran anus, dapat berdarah, namun tidak menonjol ke luar
    2. Hemoroid grade II : hemoroid dapat menonjol keluar dari anus saat mengedan atau saat BAB, namun bisa masuk sendiri secara spontan
    3. Hemoroid grade III : hemoroid dapat menonjol keluar dari anus dengan atau tanpa mengedan, dan tidak bisa masuk sendiri, tonjolan dapat masuk bila dimasukkan secara manual dengan jari
    4. Hemoroid grade IV : hemoroid yang terus menerus menonjol keluar, tidak mengecil dan tidak bisa dimasukkan lagi ke dalam, biasanya terjadi bersama-sama dengan hemoroid eksternal.

     

    Hemoroid grade I hingga grade III biasanya dapat membaik dengan terapi hemoroid konvensional (akan dijelaskan di bawah). Sementar itu hemoroid grade IV dan hemoroid grade III yang tidak bisa membaik dengan terapi konvensional atau gejalanya sangat berat (sangat nyeri atau terjadi perdarahan yang sulit dihentikan) kemungkinan memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

     

    Berikut ini adalah terapi konvensional untuk mengatasi masalah hemoroid :

    • Bila hemoroid anda berkaitan dengan masala konstipasi atau sulit buang air besar, anda perlu mengatasi konstipasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengatasi konstipasi:
    1. Mengubah pola makan, yaitu dengan banyak makan makanan berserat seperti buah, sayur, gandum utuh, beras merah
    2. Banyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari
    3. Mengurangi konsumsi daging, makanan berlemak, dan gula
    4. Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein
    5. Olah raga teratur dan banyak beraktivitas yang menggerakkan tubuh
    6. Menghindari duduk terlalu lama
    7. Jangan menahan keinginan buang air besar
    8. Bila feses sulit dikeluarkan, dapat juga diberikan pelunak feses atau pencahar seperti laktulosa atau garam magnesium (garam inggris).
    • Melakukan sitz bath, yaitu merendam area anus dengan air hangat selama 10-15 menit 2 hingga 3 kali sehari untuk melancarkan peredaran darah ke area anus  dan meredakan nyeri
    • Menggunakan krim Hemoroid yang mengandung kortikosteroid dan antinyeri topikal yang dijual bebas di apotek. Perhatikan bahwa krim kortikosteroid tidak boleh digunakan lebih dari 7 hari kecuali dengan instruksi dokter.
    • Bila hemoroid sedang membengkak dan nyeri, dapat dilakukan kompres di area anus dengan es atau kompres dingin
    • Bersihkan daerah anus dengan baik, hindari produk pembersih yang mengandung alkohol atau pewangi.
    • Bila hemoroid sangat nyeri, anda dapat mengkonsumsi obat seperti parasetamol atau ibuprofen untuk membantu meredakan nyeri.

     

    Bila kondisi hemoroid anda tidak membaik dengan terapi konvensional di atas,  sebaiknya anda  pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai kondisi hemoroid anda secara langsung. Dokter dapat melakukan pemeriksaan secara langsung untuk menentukan terapi apa yang anda butuhkan sesuai kondisi hemoroid anda.

     

     Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia