Tanya Dokter

  • Selalu berpikit negatif dan membayangkan hal-hal yang membahayakan

  • Selamat malam, dok. Begini, sebenarnya saya sudah lama mengalami hal ini, bisa dibilang bertahun-tahun. Setiap kali saya melihat benda tajam atau memeganggnya, terkadang saya berpikir negatif seperti bagaimana jika benda tajam itu saya tusukan pada tubuh saya atau bagaimana jika benda tajam itu jatuh tepat di kaki saya, dsb. Meskipun hal tersebut tidak pernah terjadi dalam kehidupan saya. Selain itu, saya terkadang sering berpikiran negatif jika pergi keluar rumah, seperti apa yang akan terjadi pada saya, apakah saya akan selamat, atau yang lainnya. Apakah ini termasuk gangguan kepribadian ? Jika benar, lalu jenis gangguan kepribadian apa yang saya alami ? Dan apa yang harus saya lakukan ? Terimakasih.

    Salam,

    Pada individu dengan berbagai macam imaginasi atau khayalan yang muncul dalam pikirannya,terutama berfikiran jelek, dapat beresiko menyebabkan kecemasan dan kelelahan psikis tersendiri pada satu titik. Hal ini merupakan suatu pikiran mengacau atau disebut intrusive tough.

    Pasien dengan pikiran mengacau atau intrusive tough akan membentuk pemikiran yang sering berulang terhadap suatu hal yang dijalani, sebagai contoh pemikiran yang Anda alami selama ini. Kondisi ini akan menyebabkan kekhawatiran yang memicu diri kita lebih waspada dan berfikir pengamanan untuk diri kita terhadap pikiran negatif yang kita alami. Dengan demikian, selama intrusive tough ini kita kenali batas wajar dan tidak wajar, maka hal ini dapat kita kontrol dengan baik. Dan kondisi ini dialami oleh sebagian besar individu, namun mempunyai tingkat kedalaman pikiran dan kecemasan yang berbeda. Dan intrusive tough merupakan salah satu bentuk OCD atau obsesive compulsive disorder.

    Untuk mencegah timbulnya intrusive tough yang semakin mengganggu dan tidak terkontrol dimana hal ini akan beresiko menyebabkan kecemasan berlebih pada individu terkait, maka Anda harus mulai mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter psikitrik ataupun dengan psikolog untuk membantu Anda mengurai pikiran intrusive ini. 

    Dokter akan memulai wawancara untuk menegtahui kondisi psikis dan kesehatan Anda. Dengan wawancara dan pemeriksaan yang dilakukan, maka penatalaksanaan kondisi ini dapat kita lakukan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah:
    1. menghindari stres baik dalam pekerjaan, hubungan sosial, atau terhadap diri sendiri

    2. hindari tidur larut malam

    3. hindari kelelahan fisik

    4. idealkan berat badan

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga intrusive-thoughts dan bagian OCD.

    dr. Ulfi