Tanya Dokter

  • Usia kehamilan hingga jenis kelamin janin bisa terlihat

  •  Ddi Aryad
    Anggota

    sore dok. mau tanya, jenis kelamin bayi sdh mulai bisa di deteksi saat usia kandungan berapa dok ya? saat ini usia kandungan saya 5 bulan, dua hari yg lalu sya melakukan USG 4 dimensi utk melihat keadaan bayi sekaligus mengetahui jenis kelamin bayi. dan dokternya mengatakan sementara jnis kelaminnya perempuan dok.

    apakah ada kemungkinan jika bulan depan saya USG lagi, jenis kelaminnya berubah dok? yg saya pernah dengar kalo dr cek pertama Jenis kelamin menunjukkan laki2 maka insha allah tidak akan berubah lg smpai melahirkan. tp jika dr tes pertma menunjukkan jenis kelamin perempuan, maka ada kemungkinan bisa berubah jd laki2 dok. apakah itu benar dok??

    mohon dibantu dok

    Ddi Aryad  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Ddi, Jenis kelamin janin pada umumnya sudah bisa dilihat melalui USG, baik itu 2D atau 4D, mulai usia 16-20 minggu. Namun paling baik jenis kelamin dilihat mulai usia 28 minggu. Penentuan jenis kelamin laki-laki dengan USG adalah bila sudah tampak skrotum / kantong kemaluan. Sedangkan penentuan jenis kelamin perempuan bila sudah tampak labia berupa tanda 3 garis. Dalam hal ini sebenarnya bukan berarti jenis kelamin perempuan bisa berubah menjadi laki-laki, tetapi biasanya yang sebelumnya dilihat jenis kelaminnya perempuan lalu USG selanjutnya menjadi laki-laki adalah karena perubahan posisi bayi. Untuk melihat jenis kelamin, posisi bayi harus mendukung. Terkadang terjadi bias dalam menilai jenis kelamin bayi karena posisi bayi sedemikian rupa sehingga tampaknya alat kelaminnya perempuan padahal sebenarnya laki-laki. Jika terjadi kasus demikian, dokter biasanya akan mengatakan kemungkinan jenis kelaminnya perempuan. Lain halnya jika yang tampak adalah kantong kemaluan / skrotum, maka bisa dipastikan jenis kelaminnya laki-laki. Pada beberapa ibu hamil jenis kelamin sama sekali tidak bisa dilihat bahkan hingga mendekati kelahiran karena alat kemaluannya selalu tertutup kaki misalnya. Anda bisa melakukan kontrol kehamilan dan USG 1 bulan lagi untuk lebih memastikan jenis kelamin bayi Anda. Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Apa yang menentukan jenis kelamin bayi USG Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y