Tanya Dokter

  • Jenis tes HIV yang paling akurat

  •  Edward S
    Anggota
    Selamat malam dok Dok mau tanya, ada berapa jenis tes HIV dan tes hiv apa yg paling akurat. Dan klo bss dok mhn dsebutkan biaya dr masing2 tes hiv nya ya dok spy kmi masyakay awam tahu. Terima kasih sblmnya dok Wassalam
    Edward S  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Edward,

    HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus penyebab penyakit HIV/AIDS. Penyakit ini akan menyebabkan seseorang mengalami penurunan kekebalan tubuh sampai taraf yang berbahaya akibat ketidakmampuan tubuh dalam melawan berbagai infeksi.

    Pemeriksaan HIV sangatlah akurat. Meskipun demikian pemeriksaan ini tidak dapat mendeteksi infeksi yang baru saja terjadi dan umumnya membutuhkan waktu beberapa minggu-beberapa bulan agar pemeriksaan tersebut memberikan hasil yang akurat. Agar mendapat hasil yang akurat, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan HIV setelah 3 bulan paska kegiatan berisiko terpajan virus ini.

    Adapun beberapa pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi virus ini adalah sebagai berikut :

    • Pemeriksaan asam nukleosida virus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya virus didalam darah
    • Pemeriksaan antigen. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi antigen virus akibat infeksi virus HIV
    • Pemeriksaan antibodi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi adanya respon tubuh akibat infeksi virus HIV
    • Dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan dapat berbeda-beda antar instansi kesehatan maka sebaiknya Anda menanyakan hal tersebut kepada instansi kesehatan ataupun dokter disekitar lingkungan Anda agar mendapat informasi yang akurat. Anda tidak perlu merasa khawatir karena pemeriksaan ini sangat bersifat rahasia dan hanya dapat diinformasikan kepada orang lain atas persetujuan Anda walaupun memberikan hasil yang negatif.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Diagnosis HIV/AIDS

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono