Tanya Dokter

  • Wajah tetap berjerawat dan meradang merah meskipun sudah diresepkan antibiotik

  •  MEILLA
    Anggota

    Selamat siang, pada tgl 15 mei bulan lalu saya memutuskan untuk pergi ke dokter SpKK  dok,lalu saya di resepkan obat antibiotik sama cream 4 jenis dok,sekarang sudah hampir 3 minggu pemakaian tetapi wajah saya tetap berjerawat tapi meradang merah dan banyak.apakah itu wajar dokter? saya disarankan dokternya datang setiap seminggu sekali tapi saya tidak konsul dok karena biaya konsul dan obat yang dianjurkan tiap minggunya mahal. menurut dokter saya seharusnya gmn?

    MEILLA  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Pengobatan masalah jerawat biasanya menggunakan tipe obat-obatan berupa antibiotik oral, antibiotik oles, cream asam retinoat, retinoid topikal, asam azeloic topikal, pil hormon/pil KB, dan beberapa jenis obat lainnya. Untuk pengobatan jerawat memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Rata-rata efek baru mulai terlihat pada jangka waktu 6 minggu hingga 3 bulan pemakaian, tergantung seberapa berat masalah jerawat yang dialami, jenis kulit dan kepatuhan penggunaan obat  sesuai aturan dan rutin. Sebagian besar obat krim wajah terutama untuk mengatasi jerawat memang memiliki efek samping membuat kulit wajah iritasi, merah, perih, kaku, mengelupas dan gatal. Itu merupakan efek samping wajar yang memang terjadi pada pemakaian. Namun jika Anda merasa sangat terganggu dengan iritasi nya, sebaiknya Anda konsultasikan kembali ke dokter kulit tersebut agar dapat diperiksa apakah masih dalam batas normal dan dapat diberikan krim pereda iritasi atau tetapi lain sesuai petunjuk dokter. Pada masa awal pengobatan sebaiknya menuruti anjuran dokter, jika dianjurkan untuk kontrol maka sebaiknya kontrol. Namun jika Anda merasa keberatan dengan biaya, maka Anda dapat sampaikan ke dokter tersebut bahwa Anda hanya bisa kontrol sesuai kemampuan Anda,  sehingga dokter dapat memberikan terapi untuk jangka panjang, dan memberitahukan apa yang perlu diwaspadai atau diperhatikan selama masa awal pengobatan. Berikut artikel lengkap mengenai jerawat dan penjelasan mengenai pengobatannya silahkan klik link pada tulisan berikut : JERAWAT Perlu diperhatikan bahwa selama pengobatan jerawat sebaiknya :

    • Menggunakan obat sesuai anjuran dan petunjuk dokter
    • Mencucui muka rutin dua kali sehari menggunakan sabun berbahan ringan tidak mengandung scrub, gunakan air dengan suhu biasa, jangan terlalu dingin maupun hangat, karena dapat memperparah ritasi yang Anda alami.
    • Hindari penggunaan produk kosmetik
    • Hindari makanan pemicu timbulnya jerawat seperti makanan pedas, berlemak, kacang, dll
    • Hindari memegang wajah dengan tangan kotor atau memencet-mencet jerawat
    • Kurangi stress, usahakan untuk santai dan rileks.
    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.