Tanya Dokter

  • perawatan jerawat di punggung

  •  Romi Fitria
    Anggota
    Pagi dok saya mau nanya jerawat dipunggung sama nggak perawatannya dengan jerawat dimuka?
    Romi Fitria  Tim Alodokter
    Dokter

    Halo Romi, terimakasih atas pertanyaannya. 

     

    Perawatan jerawat pada area wajah dan punggung secara umum adalah sama. Sama halnya dengan perawatan jerawat pada wajah, jerawat pada area punggung juga memerlukan perawatan non medis dan medis. Perawatan secara non medis yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut. 

    1. Jaga kebersihan tubuh anda dengan rajin mandi. Mandilah minimal 2x sehari terutama setelah anda beraktivitas yang mengeluarkan keringat berlebih. Gunakan sabun mandi yang tidak mengiritasi kulit. 

    2. Mengurangi iritasi pada area punggung. Hal ini dapat diatasi dengan cara menggunakan pakaian berbahan lembut dan menyerap keringat. Gesekan yang disebabkan oleh pakaian juga dapat memperparah kondisinya. 

    3. Hindari memakai pakaian yang lembab. Segera ganti pakaian anda apabila sudah lembab karena pakaian yang lembab ditambah dengan keringat dapat memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. 

    4. Perhatikan makanan yang anda konsumsi. Beberapa penelitian menyatakan adanya hubungan antara jerawat dan diet tinggi karbohidrat dan produk olahan susu. Sehingga, anda perlu membatasi konsumsi makanan tersebut. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

    5. Hindari Kebiasaan merokok. Selain dapat memicu tumbuhnya jerawat, merokok juga dapat menyebabkan penyakit lain. 

    6. Hindari stress. Pengelolaan stress dapat menurunkan risiko munculnya jerawat. Pada orang dengan jerawat yang banyak dan dalam waktu yang lama di perlukan juga kesabaran selama pengobatan. 

    Perawatan medis juga diperlukan untuk mengatasi jerawat di area punggung terutama yang tidak kunjung sembuh dengan perawatan non medis. Pengobatan jerawat pada area punggung dapat menggunakan krim jerawat seperti pada area wajah yang anda peroleh dengan resep dokter. Penggunaan krim jerawat yang dijual secara bebas juga perlu berhati-hati karena dapat memperparah kondisi jerawat anda.

    Jika dengan perawatan non medis jerawat tidak kunjung sembuh, saya sarankan untuk memeriksakan kondisi anda lebih lanjut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.