Tanya Dokter

  • Jerawat

  •  Afif
    Anggota

    Malam dok, saya mau tanya apakah efek methylprednisolone juga bisa membuat wajah berjerawat ya? Dulu jerawat saya sudah tidak ada tapi setelah minum obat dg kandungan methylprednisolone timbul jerawat banyak. Lalu cara mengatasinya bagaimana ya?

    Halo Afif, Betul sekali Afif. Penggunaan metilprednisolon dapat mencetuskan terjadinya jerawat. Kalangan medis menyebutnya sebagai jerawat steroid. Jerawat steroid sendiri terbagi menjadi 2, yaitu acne vulgaris dan Malassezia folikulitis. Acne vulgaris merupakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri sedangkan Malassezia folikulitis merupakan peradangan pada folikel kulit yang disebabkan oleh jamur. Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka waktu panjang dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Hal inilah yang menyebabkan kulit mudah terserang oleh bakteri atau jamur. Pengobatan pada masing-masing kondisi di atas sangatlah berbeda. Acne vulgaris membutuhkan obat jerawat topikal dikombinasi dengan antibiotik, sedangkan Malassezia folikulitis membutuhkan obat jerawat topikal dikombinasikan dengan anti jamur. Selain itu dengan menghentikan penggunaan obat kortikosteroid hal ini akan membantu meringankan jerawat yang muncul. Selama kortikosteroid masih dikonsumsi, maka jerawat ini akan tetap ada. Silahkan Anda memeriksakan diri ke dokter kulit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga membantu, dr. Tri

    Afif  Afif
    Anggota

    Terima kasih dokter :)