Tanya Dokter

  • Penyebab jerawat dan pengobatannya

  •  Ar Zha
    Anggota

    hy dok ,aku arza,, dok ,sbenrnx ap penyebab jerawat benih/jerwat nasi yg tumbuh d wajah,dada,dan punggung,,ap kah krn makanan,atau ada penyebab lain..? dan bagai mna cara pengobatanx dok..?

    Halo,   Penyebab jerawat timbul adalah tersumbatnya pori pori kulit akibat produksi minyak berlebih dan tumpukan sel kulit mati pada bagian tubuh Anda. Beberapa peneliti juga mengindikasikan adanya faktor genetik , pola hidup dan makanan tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat ini. Faktor genetik yang dimaksud adalah pada orang dengan kulit berminyak cenderung lebih mudah mengalami jerawat dibanding orang dengan kulit kering/ normal. Sementara pola hidup yang dimaksud adalah penggunaan produk kulit tertentu, malas membersihkan tubuh dengan seksama, tidur saat tubuh masih berkeringat ( belum mandi), makan makanan pedas, makan makanan yang merangsang sekresi minyak seperti coklat, gorengan dll, stress psikis berlebih dll. Pengobatan jerawat yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. mandi dengan sabun yang megandung sulfur, asam salisilat atau benzoil peroksida.
    2. Mandi minimal 2 kali sehari.
    3. Gosok bagian tubuh yang sering berkeringat seperti wajah, punggung, dada dan lengan atas.
    4. Gunakan baju yang menyerap keringat dan tidak ketat.
    5. Hindari penggunaan tas punggung/ ransel berlama lama.
    6. Mandi sebelum tidur.
    7. Segera lap keringat Anda.
    8. Gunakan air hangat suam kuku untuk mandi, hindari penggunaan air panas atau dingin.
    9. Perbanyak buah dan sayur.
    10. Kelola stress.
    Jika dengan cara diatas keluhan Anda tidak membaik maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit Anda agar Anda memperoleh pengobatan sesuai dengan kondisi jerawat Anda seperti peeling, obat minum dll. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi