Tanya Dokter

  • sabun bayi untuk wajah berjerawat

  •  nanaaziza
    Anggota

    Dok kulit wajah saya berjerawat merah, bolehkah mencuci muka dengan sabun bayi? Katanya sabun bayi bagus untuk kulit wajah berjerawat

    Hai,   Sabun bayi tidak bisa membantu membersihkan muka / kulit orang dewasa dari permasalahan jerawat yang sudah terlanjur muncul. Walaupun ada beberapa pengakuan yang mengklaim bahwa jerawat mereka berkurang akibat penggunaan sabun bayi, namun hasil tidak sama pada setiap orang dan tidak bisa dijadikan acuan. Sabun bayi memang memiliki komposisi yang sangat lembut karena diperuntukan untuk merawat kulit bayi yang sensitif dan masih sangat tipis. Kelebihan dari sabun bayi adalah :

    1. Memiliki pH yang mendekati pH normal kulit
    2. Tidak / sedikit mengandung bahan kimia berbahaya
    3. Bisa membantu menghaluskan kulit karena komposisinya yang sebagian besar merupakan bahan alami
    Artikel untuk membantu Anda memilih sabun yang baik silahkan baca di SINI Jerawat merupakan penyakit kulit yang timbul akibat tersumbatnya pori kulit akibat minyak berlebih atau sisa kotoran pada kulit Anda. (baca diSINI untuk info lengkap) Jerawat memiliki beberpaa jenis yang membutuhkan penanganan berbeda seperti :
    1. Jerawat biasa, berbentuk nodul kecil , merah dan nyeri. Penanganan yang diperlukan adalah menjaga kebersihan muka dan pola makan sehat serta beberapa obat krim untuk mengurangi peradangan pada jerawat.
    2. Jerawat komedo merupakan bintik hitam atau putih yang terdapat pada beberapa daerah tertentu seperti hidung dan dahi. Membutuhkan penanganan yang lebih intensif seperti penggunaan krim tertentu untuk membantu membersihkan dan melepaskan sumbatan dari pori.
    3. Jerawat kistik/ konglobata merupakan jerawat dengan ukuran besar, merah dan nyeri serta mengalami infeksi akut dan susah dihilangkan. Biasanya membutuhkan penanganan medis dengan pemberian antibiotik / injeksi intra lesi dan penggunaan beberapa krim dll
    Pada dasarnya penanganan jerawat adalah :
    1. Membersihkan muka 2 kali sehari dengan sabun yang memiliki pH normal kulit (5-6)
    2. Membersihkan muka dengan cara menggosok dengan ringan muka berjerawat Anda. Jangan menggosok terlalu kuat yang bisa menimbulkan iritasi dan memperburuk jerawat Anda.
    3. Pilih pembersih muka yang mengandung komposisi untuk mengurangi jerawat seperti asam salisilat, benzoil peroksida dan sodium sulfacetamid yang beredar di pasaran.
    4. Gunakan pembersih/ produk kulit muka yang non alkohol dan non comedogenik.
    5. Hindari makan makanan yang berminyak dan merangsang timbulnya jerawat seperti coklat, makanan berminyak dan bersantan, kacang kacangan dll
    6. Segera membersihkan muka Anda sehabis melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat dan minyak pada kulit.
    7. Lap keringat Anda sesegera mungkin dengan handuk / saputangan bersih
      Semoga membantu.   dr. Yusi    

    nanaaziza  HU Zaen
    Anggota

    buk dokter ku mau nanyak nih. peruk ku sakit sudah 2 hari vi dak sembuh2 pas bab juga sakit dan keluarnya sedikit bercampur dengan lendir . keluarnya sebentar2 dn sakit waktu duduk di bagian dubur.n juga kalo duduk lama keluar agin yang bercampur lendir. gmn solusinya dok? n penyakit pa nih?