Tanya Dokter

  • efek samping ketergantungan krim dari dokter

  •  Elisah
    Anggota

    dok saya mau tanya, pakai cream dari dokter ketergantungan apa tidak?kalau udah sembuh,bisa berhenti gak,apakah ada efeknya atau tidak?

    Hai,   Obat cream racikan dokter biasanya tidak menimbulkan efek ketergantungan dan bisa dihentikan sesuai dengan saran dokter yang merawat Anda. Namun kulit wajah yang berjerawat harus terus dirawat dan dijaga agar tidak timbul keluhan jerawat berlebih dan kulit kusam atau yang lainnya. Untuk menghentikan cream dokter sebaiknya Anda menanyakan langsung kepada dokter yang merawat Anda dan berkonsultasi tentang perawatan lanjutan paska menghentikan cream dokter tersebut. Jerawat merupakan suatu kondisi kulit yang timbul akibat sumbatan pada pori bulu yang diakibatkan sekresi minyak berlebih, sisa kotoran pada wajah , atau karena kuman penyebab jerawat. Selain itu jerawat juga bisa disebabkan oleh :

    1. Hormonal
    2. Makanan
    3. Stress
    4. Obat obatan
    5. Rokok
    6. Penggunaan kosmetik yang kurang sesuai
    Baca artikel mengenai jerawat di SINI. Penanganan jerawat bisa memakan waktu berbulan bulan tergantung keparahan kondisi. Anda bisa memngobati jerawat dengan obat tanpa resep dokter seperti obat yang mengandung asam salisilat / benziol peroksida 5%. Beberapa saran untuk mencegah/ mengurangi jerawat adalah :
    1. Bersihkan muka / bagian berjerawat lainnya( punggungdan dada) setidaknya 2 kali dalam sehari dengan air suam kuku dan produk pembersih kulit yang tidak mengandung alkohol.
    2. Hindari stress
    3. Hindari makanan pemicu jerawat seperti coklat. gorengan, kacang-kacangan,
    4. Lap kering keringat Anda dengan handuk / saputangan yang tidak mengiritasi
    5. Bersihkan  sisa kosmetik Anda sebelum tidur.
    6. gunakan obat jerawat tanpa resep seperti benzoil peroksida untuk mengurangi jerawat.
    7. jangan memencet jerawat.
    8. Hindari menggosok muka / jerawat terlalu kuat.
    Semoga membantu.   dr. Yusi