Tanya Dokter

  • Jerawat di wajah hingga wajah membengkak

  • Dok, saya mengalami jerawat di pipi sebelah kanan, sudah hampir seminggu, dan tadi pagi ketika saya bangun pipi saya mengalami pembengkakan dan terasa sakit dibagian yang tumbuh jerawat itu, sampai sampai kelopak mata saya ikut bengkak, itu kenapa ya dok?

    Salam,

    Adanya jerawat pada wajah kita dapat disebabkan oleh sumbatan pori kulit yang disertai radang atau infeksi pada sumbatan tersebut. Adanya radang kulit dari jerawat ini dapat menyebabkan kulit kemerahan dan pembengkakan pada area sekitar nya, terutama bila peradangan terjadi pada fase awal. Pembengkakan pada kelopak, kemungkinan dapat disebabkan oleh radang dari jerawat di sekitar mata, atau karena pemakaian perawatan kulit baru, ataupun adanya penyakit mata yang menyertai, seperti bintitan.

    Keluhan jerawat dapat semakin meningkat, terutama bila kita berusaha melakukan pengobatan sendiri, memencet jerawat, ataupun menggunakan perawatan wajah tertentu yang tidak kita  ketahui efek sampaingnya. Oleh karena itu, hentikan semua perawatan wajah, ataupun pengobatan tanpa petunjuk dokter spesialis kulit Anda. Dan bila diperlukan, gunakan kosmetik atau perawatan wajah yang sudah lama dan biasa Anda gunakan.

    Dengan adanya pembengkakan pada wajah ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan evaluasi. Dokter akan melakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui penyebab serta peradangan jerawat ini. Dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan yang diperlukan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah hindari stres dan kelelahan fisik. Jagalah kebersihan kulit kita. Serta hindari penggunaan coba-coba obat atau perawatan wajah untuk kulit Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga jerawat.

    dr. Ulfi