Tanya Dokter

  • Tips menghilangkan jerawat pada wajah

  •  ratna84
    Anggota
    Hi dok, Sudah 2th ini wajah saya berjerawat. Setiap kali dtg Bulan pasti ada jerawat yg muncul, apakah penyebabnya hormon dok? Karena sebelumnya saya tdk pernah jerawatan tp mulai pertengahan 2015 mulai tumbuh jerawat di pipi tiap dtg bulan. Kalau memang jerawat hormon apa bs diobati dok? kebetulan saya jg sdh rutin ke skincare dan cukup membantu menghilangkan bekas2 jerawatnya tp untuk jerawatnya sendiri tetap muncul kalau menstruasi. Kira2 penyebab hormonnya apa dok? Apakah saya perlu mengkonsumsi obat2an? Apakah ada makanan yg perlu saya hindari? Apakah konsumsi vit c dpt membantu dok? Terimakasih

    Hai Ratna,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Jerawat bisa timbul karena banyak faktor, di antaranya yakni perubahan hormonal. Sebagaimana kita ketahui,  Kondisi ini bisa tampak misalnya saat Anda memasuki usia pubertas, menjelang menstruasi, awal kehamilan, atau saat menggunakan jenis kontrasepsi tertentu. Selain itu, masih banyak faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat, di antaranya yakni stres, kebersihan kulit yang kurang terjaga, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat, paparan sinar UV berlebih, genetik (bawaan), dan lain sebagainya.

    Umumnya, faktor-faktor di atas saling berkombinasi dalam menyebabkan jerawat. Jadi, tidak murni hanya terjadi karena perubahan hormonal saja ya..

    Untuk mengatasi jerawat, tidak harus langsung menggunakan obat-obatan. Sebagai langkah awal, Anda bisa jalani tips perawatan sebagai berikut:

    • Jangan memencet atau mencungkil jerawat secara paksa, terlebih dengan tangan kotor
    • Cuci wajah secara teratur 2 kali sehari menggunakan sabun khusus anti jerawat, yakni yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam retinoat
    • Biasakan tidur lebih awal (di bawah pukul 10 malam)
    • Jangan stres atau cemas berlebihan
    • Perbanyak minum air putih, konsumsi sayur dan buah-buahan (termasuk juga yang mengandung vitamin C)
    • Batasi makanan yang banyak mengandung kolesterol, karbohidrat
    • Gunakan tabir surya saat berada di luar makanan
    • Hindarkan wajah dari papara polusi, asap, debu, dan sinar matahari berlebihan

    Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencerahkan wajah dan mencegah jerawat. Namun, konsumsi vitamin C saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan langkah perawatan sebagaimana dijelaskan di atas. Selain itu, vitamin C pun bisa Anda konsumsi cukup dari bahan-bahan alami, seperti jambu, strawbery, kelengkeng, jeruk, dan kecambah. Jadi, tidak harus dengan suplemen tambahan.

    Apabila langkah di atas telah Anda jalani secara optimal dan jerawat belum juga membaik, sebaiknya Anda periksakan langsung diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah