Tanya Dokter

  • Jerawat terus menerus di bagian bibir

  •  Neny Cupel
    Anggota
    Hai dok. Mau tanya soal jerawat nih. Ahir* ini saya jerawatan terus menerus di bagian bibir melingkar . Apa sebabnya ya dok apa dari pasta gigi tp sya uda biasa pake pasta gigi ini tidk ada jrawat ,tp ahir* ini banyak bgt yang muncul kecil kecil bernanah

    Halo,

    Penyebab benjolan di kulit wajah memang sebagian besar disebabkan oleh jerawat. Namun benjolan merah bernanah di wajah dapat juga dapat disebabkan oleh Folikulitis, infeksi kulit karena virus (Herpes), cheilitis (sering disebabkan infeksi jamur).

    Jerawat adalah kondisi peradangan pori-pori kulit yang disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebum yang meningkat dan penumpukan kotoran di kulit. Hal ini menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit yang kemudian terinfeksi oleh bakteri (yang normalnya berada di permukaan kulit wajah tapi tidak menyebabkan infeksi) sehingga menyebabkan peradangan berbentuk benjolan yang merah, kadang disertai nanah dan terasa nyeri. Jerawat sebenarnya dapat sembuh sendiri. Namun terkadang bentuk jerawat yang parah dan tidak membaik bahkan dengan perawatan rutin di rumah, mungkin membutuhkan penanganan khusus oleh Dokter.

    Karena keluhan yang Anda alami sudah terjadi berulang kali, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan Dokter Estetika atau Dokter Spesialis Kulit. Kelainan pada kulit memerlukan pemeriksaan langsung karena perlu dilihat tanda-tanda pada kulit untuk menunjang kesimpulan medis. Penanganan yang terbaik adalah yang diberikan setelah pemeriksaan medis langsung.

    Berikut langkah-langkah yang dapat membantu mengurangi keluhan Anda :

    • Hindari memegang jerawat/benjolan terlalu sering karena beresiko menjadi infeksi kulit yang lebih berat
    • Mencuci muka secara teratur dua kali sehari dengan sabun khusus wajah untuk menjaga kebersihan kulit. Hindari menggosok kulit terlalu keras saat mengeringkan kulit.
    • Gunakan make up yang khusus bagi kulit berjerawat/sensitif. Pastikan make up dibersihkan dengan cermat sebelum Anda tidur/beristirahat.
    • Praktekkan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbang, tidur minimal 7 ajm perhari, Berolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, dan mengelola stress dengan bijaksana.  Pola hidup yang sehat mendukung kesehatan kulit Anda.

     

    Lebih Lengkap mengenai Jerawat dapat Anda baca dalam artikel Alodokter dengan klik di sini. 

    Demikian info yang dapat Kami sampaikan, semoga membantu Anda. 

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.