Tanya Dokter

  • Mengatasi pipi bengkak akibat memencet jerawat

  • Dok saya kemaren habis mencet jerawat dibagian pipi, karena susah keluar dan jerawatnya seperti di dalem, saya tusuk pake peniti yang udah saya rendam di alkohol, setelah saya pencet keluar tu putih" kaya komedo sama darah banyak dok, nah setelah itu baru ngerti kalo ternyata pipi saya bengkak di bagian jerawat tadi, agak luas dan lumayan gede, ini sudah dua hari dan sudah saya kompres pake es tapi belum juga kempes dok, apakah ini infeksi dan bagaimana cara penanganannya ? Mohon bantuannya

    Halo Ariyadi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Aktivitas yang Anda lakukan kemungkinan besar memicu timbulnya infeksi bakteri sehingga akhirnya timbullah Peradangan, dimana mengakibatkan pembengkakan pada daerah yang terinveksi, dan biasanya diikuti dengan timbulnya rasa sakit, rasa panas pada daerah pembengkakan, dan dapat muncul nanah.

    Solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan sedangkan pemeriksaan lebih lanjut, sehingga dokter dapat memberi dan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit anda saat ini.

    Dokter umumnya akan melakukan pembersihan luka terlebih dahulu, dan juga akan memberikan obat anti Peradangan serta obat antibiotik ( untuk membunuh bakteri ) yang diminum, dimana biasanya harus dihabiskan.

    Kami menyarankan kepada Anda untuk selalu membersihkan area muka dengan menggunakan sabun khusus muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda, serta janganlah memencet ataupun melakukan penusukan jerawat kembali.

    KLik artikel di bawah ini sesuai dengan pertanyaan Anda :

    JERAWAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati