Tanya Dokter

  • Timbul jerawat setelah makan yang amis-amis

  •  Septi
    Anggota

    Dok,saya perempuan berusia 20th,saya punya masalah dengan makanan. jika saya menkonsumsi makanan yang berbau amis-amis seperti ikan, maka akan timbul jerawat. sebelumnya saya pernah periksa kemudian dikasih resep dexamethasone. sampai sekarang jika saya rasa jerawat muncul, maka saya akan minum dexametahose. kadang 3hari sekali,terkadang juga seminggu sekali, tergantung tingkat keparahan jerawat. tapi, saya merasa takut akan ketergantungan obat. mohon solusinya dok, dan bagaimana tentang penggunaan obat tersebut. terimkasih

    Hai, Jerawat paling sering disebabkan oleh perubahan hormonal. Jerawat dapat terjadi karena tersumbatnya pori-pori akibat produksi sebum yang meningkat sehingga bakteri penyebab jerawat berkembang dengan cepat.Bakteri ini dapat melepaskan semacam zat iritan yang menyebabkan iritasi kulit.Kulit memerah bahkan sampai timbul nanah di bawah kulit. Jerawat juga dapat terjadi pada riwayat kulit sensitif seperti pada penderita alergi. Beberapa pemicu alergi adalah tungau debu, serbuk tumbuhan, kulit/bulu binatang peliharaan seperti kucing/anjing, dan makanan tertentu seperti ikan, udang, cumi, dll. Baca juga penyebab lain jerawat Jika faktor penyebab jerawat adalah karena faktor alergi maka pengobatan utamanya adalah menghindari pencetus alergi tersebut selain membersihkan wajah yang teratur. Dexamethasone merupakan kelompok obat kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan cara mencegah pelepasan zat-zat di dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Beberapa efek samping dexamethasone secara umum adalah Kulit kering dan menipis serta gampang memar, sakit kepala, vertigo, osteoporosis, sakit perut atau perut terasa kembung,dll Sebaiknya konsultasi lagi dengan dokter agar keluhan dapat teratasi dan sebaiknya penggunaan obat dexamethasone juga atas rujukan dan pengawasan dokter. Baca juga beberapa artikel berikut:

      Salam, dr. Agnes Maureen