Tanya Dokter

  • Solusi untuk jerawat berkepanjangan

  •  Aprilla
    Anggota

    selamat sore dok, umur saya 19 tahun..

    muka saya berminyak dan berjerwat radang . dan saya sudah kedokter kulit tetapi jerawat saya tidak sembuh juga dan produknya saya tidak tahu apakah ada kandungan yang baik atau tidak . tetapi saya memakai sabun muka Amorea. dan karena sdh lama jerawat saya tidak sembuh saya di anjurkan engknsumsi obat clindamycin dan methylpredisolone sudah hampir 5-6 strip saya meminumnya da memang tidak tumbuh lagi jerawat saya . bagaimana ya dok solusinya terimakasih

    Hai,   Penggunaan antibiotik clindamycin memang bisa diberian untuk meredakan infeksi pada jerawat dengan mengeradikasi kuman penyebab jerawat. Sementara metilprednisolon merupakan steroid kuat yang bisa meredakan bengkak dan mengurangi reaksi peradangan pada jerawat dll. Keduanya merupakan obat resep dokter yang penggunaannya membutuhkan dosis yang tepat dan pemakaian yang sesuai anjuran agar tidak timbul komplikasi jangka panjang. Penggunaan clindamycin dan metilprednisolon sebaiknya tidak dilakukan untuk jangka panjang. Hal ini karena penggunaan antibiotik jangka panjang hanya akan membuat timbulnya resistensi terhadap antibiotik tersebut. Sementara penggunaan metilprednisolon/ steroid lain jangka panjang bisa menyebabkan muka bengkak seperti bulan (moonface), osteoporosis, nyeri tulang, penimbunan lemak di bagian tubuh tertentu seperti bahu, muka, pipi dan perut, gagal pertumbuhan pada anak (anak menjadi pendek dan kecil) , dll. Untuk mengurangi jerawat maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Membersihkan muka dengan air hangat suam kuku/ dingin dan sabun yang non comedogenik dan mengandung benzoil peroksida.
    2. Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan gerakan memutar tanpa menggosok terlalu kuat.
    3. Gunakan krim oles yang mengandung benzoil peroksida atau asam retinoat untuk mengurangi jerawat.
    4. Minum antibiotik (jika perlu) sesuai anjuran dokter dan setelah berkonsultasi dengan dokter kulit.
    5. Minum obat tablet turunan vitamin A yang bisa menghaluskan kulit dan mencegah jerawat timbul. Penggunaan obat ini harus sesuai indikasi dokter dan digunakan untuk wanita yang tidak berencana hamil dan tidak dalam kondisi hamil.
    6. Melakukan peeling dengan bahan kimia tertentu.
    7. Melap keringat Anda segera agar tidak merangsang tumbuhnya jerawat baru. Atau segera mencuci muka jika berkeringat banyak dan berminyak.
    8. Rajin membersihkan rambut terutama jika terurai panjang dan mengiritasi wajah.
    9. Memberikan perlindungan tabir surya non comedogenik jika bekerja dibawah sinar matahari.
    10. Menggunakan produk kulit / make up non comedogenik. Gunakan bedak halus daripada bedak compact.
    11. Hindari memencet jerawat.
    12. Melakukan injeksi intra lesi jerawat jika diperlukan.
    13. Hindari kosmetik jika jerawat sedang banyak.
    14. Istirahat cukup.
    Baca topik Jerawat. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Aprilla  Febry Yana
    Anggota

    saya sudah k dokter kulit ya dok dan saya di beri obat clindamycin 20tablet perhari 2 tablet. dan di hari ke 2 saya minum tenggorokan saya seperrti ada yg mengganjal siang harinya ketika makan siang saya sulit menelan karna rasanya sakit hingga sore rasanya sakit di bagian ulu hati. tpi klo rebahan rasa sakitnya berkurang. nah dok ini kan antiniotik yaaa... trus sbaiknya d lanjutkan atau gmna yaa soalnya perut sakit bgt.