Tanya Dokter

  • jerawat batu dan tips agar kulit menjadi lebih muda

  • selamat malam doc.. saya mau tanya apa obat untuk mengobati jerawat batu yang selalu tumbuh semakin hari semakin banyak doc? dan apa tips untuk kulit wajah menjadi muda thank's

    Halo,   Jerawat batu (kistik/ nodul) yang biasanya berukuran besar memang sangat mengganggu penampilan. Namun seperti jerawat lainnya penyebab timbulnya jerawat batu ini adalah tersumbatnya saluran folikel rambut akibat sisa kotoran / minyak berlebih di muka yang diperburuk dengan adanya kuman penyebab jerat yaitu Propioacnes. Jerawat batu ini biasanya berukuran besar dan sangat menonjol, berwarna kemerahan, kadang disertai rasa gatal dan nyeri dan biasa terisi oleh nanah dan teraba keras saat dipegang. Penanganan jerawat batu memerlukan terapi yang menyeluruh dari seorang ahli seperti dokter kulit. Biasanya dokter kulit akan merencanakan suatu perencanaan pengobatan terpadu yang akan mengurangi jerawat yang sudah ada dan mencegah pembentukan jerawat baru dengan cara :

    • Antibiotik = diperlukan antibiotik untuk mengatasi peradangan akibat infeksi kuman propioacnes tersebut.
    • Isotretinoin oral = dipergunakan untuk memngurangi kadar minyak pada kulit.
    • Retinoid topikal = untuk membuka pori yang tersumbat agar tidak menyebabkan jerawat dan menguangi peradangan pada jerawat.
    • Spironolakton.
    Terkadang seorang dokter juga bisa menyarankan pengobatan jenis lain seperti :
    • Injeksi steroid intra lesi dengan catatan pada jerawat batu tidak terdapat nanah.
    • Peeling jerawat khusus dengan bahan kimia yang diawasi dokter.
    • dll.
    Sementara perawatan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah adalah :
    1. Menghindari memanipulasi jerawat dengan cara apapun (memegang, menekan, memencet, menggosok dll). Manipulasi berlebih pada jerawat bisa membuat jerawat bertambah besar dan bahkan menyebabkan bercak hitam jika sembuh.
    2. Membersihkan wajah dengan sabun anti bakteri yang cocok untuk jenis kulit Anda.
    3. Menggunakan produk wajah non comedogenik.
    4. Menghindari paparan sinar matahari berlebih.
    5. Jika berkeringat, segera lap keringat dengan kain bersih.
    6. Jika kulit muka sangat berminyak, Anda bisa mencuci wajah kembali.
    7. Menghindari stress.
    Baca topik Jerawat besar meradang Untuk kulit muka tampak lebih muda maka Anda bisa melakukan program peremajaan kulit wajah pada dokter kulit. Program ini bisa dilakukan dengan menggunakan krim wajah, injeksi botox, laser, jet peel, dll yang harus dilakukan dalam pengawasan dokter. Namun jika kulit Anda sangat berjerawat maka pastikan dulu jerawat Anda mengalami kesembuhan sebelum memulai peremajaan tersebut. Untuk menjadikan kulit tampak lebih muda maka pastikan muka Anda terlihat bersih dan segar dengan cara :
    1. Makan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi untuk kulit seperti buah, sayur, makanan mengandung vit C dan E seperti kiwi, jeruk, tomat, wortel, brokoli, pepaya, berry, dll
    2. Istirahat cukup 6-8 jam sehari.
    3. Olahraga teratur.
    4. Membersihkan muka dengan baik
    5. Menggunakan tabir surya jika bepergian keluar rumah untuk mencegah efek buruk sinar matahari yang bisa menimbulkan keriput dan kulit usam.
    6. Menggunakan pelembab untuk menjaga hidrasi kulit dan kekenyalan kulit. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit muka Anda.
    7. Menggunakan masker pada malam hari sebelum tidur.
    8. Mengelola stress dan menghindari stress.
    Semoga membantu.   dr. Yusi