Tanya Dokter

  • jerawat batu besar-besar yang meradang

  •  Rajo Langit
    Anggota

    siank dok saya fiyan umur 29 th wajah saya berjerawat besar2 jerawat batu dan ga sembuh2 setiap ke dokter bisa sembuh tp beberapa bln kambuh lagi. saya minum obat yg di sarankan dokter. clyndamicin kapsul 150mg dan benzolag cl.tp tetep lama sembuh nya. bagaimana cara menanganinya apakh perlu obat lain.dan umur brapa jerawat saya akan sembuh dan tidak akan kmbuh lagi.

    thank alodokter saya tunggu jwnnya terbaik nya.

    Hai,   Penyembuhan jerawat tidak berhubungan dengan usia seseorang, jadi tidak ada yang bisa memprediksikan kapan jerawat sembuh dan tidak kumat kembali. Memang dikatakan bahwa usia remaja sangat mudah terkena jerawat karena faktor hormonal, namun faktor hormonal bukan satu satunya penyebab jerawat. Penyebab jerawat bisa karena:

    1. Keturunan
    2. Hormonal
    3. Obat obatan
    4. Stress
    5. Rokok
    6. Penggunaan produk kosmetik berlebih.
    Jerawat batu besar dan meradang (kistik acne) memang merupakan permasalahan kulit yang membutuhkan waktu lama untuk pengobatan. Biasanya dibutuhkan waktu 3 bulan untuk pemulihan jerawat. Beberapa kasus bisa memakan waktu bulan hingga tahunan untuk benar pulih. Cara menangani jerawat adalah dengan memastikan bahwa tidak terjadi sumbatan pada folikel rambut akibat sekresi minyak berlebih dan akibat sisa kotoran pada kulit dan memastikan tidak adanya bakteri penyebab jerawat pada kulit. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Menjaga kebersihan muka dengan membersihkan muka minimal 2 kali sehari dengan produk sabun yang ringan.
    2. Jaga rambut agar selalu bersih dan bebas ketombe.
    3. Jangan memencet jerawat Anda
    4. Gunakan asam salisilat / benzoil peroksida untuk jerawat komedonal.
    5. Hindari berkeringat berlebihan yang bisa memicu pertumbuhan jerawat baru
    6. Jangan menggosok jerawat terlalu kuat.
    Untuk kistik Acne mungkin membutuhkan  pengobatan yang lebih kuat. Maka saran saya temuilah dokter kulit terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi jerawat Anda dan memberikan pengobatan yang optimal. Terkadang dibutuhkan obat minum seperti antibiotik dan isotretinoin untuk membantu menyembuhkan jerawat. Jika obat obatan tidak menimbulkan efek yang diharapkan maka beberapa tindakan bisa dilakukan seperti :
    1. Peeling Acne.
    2. Injeksi intra lesi pada kistik acne.
    3. dll .
    Baca artikel jerawat di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi