Tanya Dokter

  • Jerawat besar keras

  •  syahira
    Anggota
    Hallo dokter, saya perempuan usia 19th. Saya memiliki jerawat yang besar-besar dok, lalu saya pergi ke dokter kulit, sayapun di suntik dan jerawatnya kempes meninggalkan warna gelap. Tidak lama setelah itu jerawar tersebut muncul kembali ditempat yang sama dok. Itu kenapa yaa dok?

    Syahira yang baik,

    dikatakan bahwa hampir tidak ada manusia yang tidak pernah mengalami jerawat sepanjang hidupnya. Jerawat merupakan salah satu keluhan kulit paling umum ditemui sehari-hari. Meskipun tidak berbahaya, namun jerawat sering menjadi beban khususnya bagi para kaum hawa karena secara kosmetik, jerawat tampak kurang elok dipandang. Kemudian berbagai cara dilakukan oleh wanita untuk menghilangkan jerawat, dengan ramu-ramuan, alternatif dan lain sebagainya. Sayangnya tidak banyak yang memahami bagaimana mekanisme timbulnya jerawat dan oleh karenanya banyak yang tidak paham mengapa jerawat yang berhasil dibasmi, kembali lagi dan lagi.

    Jerawat timbul oleh karena pori-pori kulit yang meradang. Peradangan ini sebetulnya dipicu oleh karena pori-pori yang tersumbat, oleh berbagai substansi. Sebagian besar yang menyumbat pori-pori ini ialah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Kondisi kelenjar minyak ini menjadi aktif dipengaruhi oleh banyak hal seperti hormon, stress, makanan, dan lain sebagainya. Jerawat juga dapat timbul sebagai reaksi atas obat-obatan tertentu atau produk tertentu yang digunakan untuk perawatan wajah. Seperti yang sudah lama diketahui bahwa manusia memiliki tipe kulit yang berbeda satu sama lain, dan oleh karenanya memiliki penanganan yang berbeda pula. Hal sederhana seperti penggunaan sabun cuci muka, bisa sangat mempengaruhi kondisi wajah dan bisa menimbulkan jerawat. Untuk sementara, bila Anda kesulitan mencari sabun yang cocok dengan wajah Anda, maka Anda dapat menggunakan sabun bayi untuk membersihkan wajah Anda setidaknya 3 kali per hari dengan air hangat dan kemudian dibilas terakhir dengan air dingin. Namun yang terbaik ialah memeriksakan kondisi kulit wajah Anda pada dokter kulit, untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda serta perawatan yang tepat untuk kulit wajah Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai jerawat. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief