Tanya Dokter

  • jerawat dan kehamilan

  • Selamat pgi dok, maaf dok saya mu tanya,,, saya benar-benar bingung dok, jenis kulit wajah saya berminyak dan sensitif, sempet pakai salah satu serum untuk ngilangin jerawat, tapi bukan hilang yang ada malah tambah meradang, ktanya itu proses detox. Tapi saya coba berhenti , alhamdulilah jerawat pun berhenti tumbuh, tapi dia menyisakan bekas jerawat yang sangat mengganggu dok, numpuk di pipi, dagu, dan jidat, dan rasanya gk nyaman banget dok. Ketika saya ingin mnggunakan kembali cream dan salep-salep gitu, katanya ibu hamil gk boleh pake yg seperti itu dok, katanya gk boleh pake obat jerawat. Lalu baiknya saya pakai apa y dok untuk menghilangkan bekas dan jerawatnya?? Kebetulan saya sedang hamil 2 bulan dok, dan apakah ada salep atau pelembab untuk menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat untuk ibu hamil yg dijual di apotek dok?? Jika ada, kira-kira merknya apa y dok?? Mohon penjelasannya y dok, terimakasihhh...

    Selamat malam, Kehamilan dapat mempengaruhi kondisi seluruh tubuh termasuk kulit dan salah satu yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah jerawat. Jerawat pada kehamilan terjadi karena adanya perubahan hormon yang menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit sehingga kulit menjadi lebih rentan untuk berjerawat, umumnya muncul pada tiga bulan pertama dan akan mereda dengan bertambahnya usia kehamilan. Penanganan jerawat pada ibu hamil perlu lebih diperhatikan karena tidak semua pengobatan untuk mengatasi jerawat aman untuk janin di dalam kandungan. Sebaiknya lakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan tidak mengobati jerawat secara sembarangan, dokter akan melakukan pemeriksaan pada kulit wajah, melihat jenis jerawat dan kulit Anda sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan :

    • Jangan memanipulasi jerawat seperti memencet-mencet atau memegang jerawat.
    • Cuci wajah secara teratur 2 kali sehari. Jangan mencuci wajah terlalu sering, menggunakan bahan-bahan kasar (handuk, sabun srub), jangan menggosok.
    • Jangan menggunakan pelembab, tabir surya maupun pembersih wajah berbahan dasar minyak (oil) maupun alkohol.
    • Sebaiknya mencuci rambut setiap hari terutama jika jenis rambut Anda berminyak, karena rambut yang kotor dan berminyak karena dapat mempengaruhi kebersihan kulit wajah.
    Baca artikel terkait : Pengobatan jerawat  Semoga membantu, dr. Rievia