Tanya Dokter

  • Jerawat di hidung yang terus menerus

  • Halo dok, saya rizka 23 thn. Saya sering memiliki jerawat di area hidung bagian luar, dlm bberapa tahun ini jerawatnya selalu silih berganti (hilang satu muncul lagi dlm bbrapa hari) hingga membuat hidung saya selalu terlihat merah secara keseluruhan, dan terkadang saya merasakan bau jika memgang hidung saya bagian atas tersebut. Jerawatnya terkadang sakit jika tersentuh. Itu bagaimana dok ya??? Terima kasih

    Halo Rizka,

    Jerawat pada sebagian orang yang berjenis kulit tertentu memang bisa timbul berulang, biasanya yang cenderung banyak memproduksi minyak sehingga saluran bisa tersumbat, terbentuk komedo dan terbentuk jerawat. Jerawat sering terdapat pada T-zone  yaitu dahi, hidung dan dagu karena memproduksi minyak lebih banyak. Kita juga sadar ataupun tidak sering memegang hidung sehingga hidung mudah kotor sehingga pori-porinya mudah tersumbat. Selain jenis kulit, jerawat juga bisa dipengaruhi oleh usia (biasanya sering pada usia muda/pubertas), kebersihan wajah, faktor hormonal, stress, kosmetik, dan lain sebagainya. 

    Untuk mengetahui pengobatan yang sesuai untuk Anda, Anda sebaiknya memeriksakan jerawat Anda ke dokter. Dokter akan menganalisa jenis kulit, jenis jerawat dan faktor lainnya kemudian menentukan pengobatan untuk Anda. Biasanya akan diberikan krim, pencuci muka dan tabir surya untuk pengobatannya. Bisa juga ditambahkan antibiotik jika jerawat terinfeksi. 

    Selain itu, Anda juga bisa melakukan:

    • Mencuci muka secara teratur, tidak perlu terlalu sering cukup 2 kali sehari dan tidak terlalu keras menggosok muka
    • Jangan memegang atau memencet jerawat karena dapat menimbulkan infeksi dan bekasnya lebih sulit hilang
    • Pakai kosmetik dan produk yang non-comedogenic
    • Jangan lupa membersihkan make up ketika menggunakannya
    • Cukupi kebutuhan gizi, cairan dan serat agar regenerasi kulit berjalan baik
    • Cukup istirahat dan kendalikan stress

     

    Diskusi serupa bisa dibaca di: Sering Timbul Jerawat di Hidung

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega