Tanya Dokter

  • Jerawat hampir 5 tahun lebih dan cara mengatasinya

  •  Tania Niira
    Anggota
    Malam dok.. Saya sudah mengalami jerawat sejak sd dan saya sudah sering kali mengganti sabun wajah saya. Tapi saya tidak pernah pergi ke dokter kulit untuk perawatan wajah. Saya sudah memulai hidup sehat seperti makan sayur berolahraga dan erobik dan minum air putih tapi kenapa wajah saya masih ditumbuhi jerawat ya dok?

    Halo Tania Niira

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Jerawat dapat terjadi pada setiap wanita. Pada umumnya jerawat akan terjadi saat seseorang yang telah mengalami pubertas. Jerawat terbentuk karena adanya perubahan hormon saat masa pubertas yang mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak (sebum). Sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori bersamaan dengan sel kulit mati dan kotoran. Karena adanya sumbatan pada pori-pori akan memicu terjadinya infeksi oleh bakteri Propionobacterium acnes.  Apabila Anda telah mencoba berbagai perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat serta perubahan gaya hidup tetapi jerawat tidak hilang juga sebaiknya periksakan terlebih dahulu di dokter spesialis kulit. Dokter akan memeriksa wajah Anda, melihat penyebab jerawat serta memberikan pengobatan yang tepat.

    Selain perawatan dari dokter spesialis kulit, dibutuhkan juga perilaku yang baik untuk mendukung penyembuhan jerawat yaitu tetap melakukan pola hidup yang sehat, saat membersihkan wajah jangan menggosok kulit wajah terlalu keras, bersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih wajah 2 kali sehari, hindari pemakaian kosmetik yang dapat menyumbat pori-pori, hindari memencet jerawat, atasi stress, isitirahat yang cukup 6-8 jam sehari, menggunakan tabir Surya saat bepergian keluar, bersihkan wajah dari kosmetik sebelum tidur dan mengonsumsi vitamin E. Pada dasarnya pengobatan jerawat, penyembuhannya tidak bisa secara cepat, kurang lebih selama tiga bulan.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri