Tanya Dokter

  • Jerawat pada area kemaluan

  •  Vano
    Anggota

    Pagi dokter. Saya mau nanya, pada alat vital saya di area tumbuhnya tambut kemaluan atas terdapat sperti 1 jerawat. Itu kenapa ya dokter ? Jerawat biasa atau apa ? Kalo d sentuh gatal, udah sperti ada putih" gtu. Apa boleh d pecahkan ? Ukurannya sekitar 3-4mm.

    Halo,   Jerawat timbul akibat tersumbatnya pori folikel rambut akibat sisa sel kulit mati dan kotoran atau sekresi minyak. Jadi jerawat bisa saja tumbuh di bagian lain selain wajah seperti dada, punggung, lengan atas, kemaluan dll. Selain jerawat, keluhan kelainan kulit Anda bisa saja disebabkan karena :

    1. Bisul.
    2. karbunkel.
    3. kista
    4. Abses.
    5. dll.
    Sebaiknya Anda tidak memecahkan benjolan tersebut, karena hal ini bisa menyebabkan kondisi benjolan terinfeksi dan memperburuk keluhan Anda. Untuk mengatasi benjolan tersebut Anda bisa membantu mengoleskan salef khusus yang mengandung anti radang dan antibiotik agar membantu mengempeskan benjolan tersebut, selain itu Anda juga bisa melakukan :
    1. Mandi bersih dengan sabun antibiotik.
    2. Mengompres hangat benjolan.
    3. Menggunakan celana berbahan katun dan menyerap keringat.
    Jika benjolan tidak membaik, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk penanganan lanjutan. Baca topik Jerawat bernanah. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi