Tanya Dokter

  • Penyebab jerawat putih

  •  agni_p
    Anggota

    siang dok, saya usia 21 thn,, saya dulu pernah menggunakan cream pemutih,, dan setelah saya terkena bell's palsy dan mengkonsumsi obat syaraf di dahi saya terdapat seperti jerawat putih yang lumayan banyak, setelah saya konsul ke dokter syarafnya lagi "itu efek obat syaraf" apa iya? dan sudah 1 bulan lebih saya tidak mengkonsumsi obat syaraf itu tapi jerawat saya tidak hilang , apa itu salah satu efek cream juga ya dok? untuk menghilangkan/ menanganinya harus seperti apa? mhon solusi dan penjelasannya terimakasih.

    Hai, Jerawat merupakan keluhan yang dapat dialami semua orang, terutama pada usia muda. Jerawat yang berwarna putih dapat merupakan suatu pustula (benjolan kecil berisi nanah) maupun komedo putih. Penyebab jerawat bermacam-macam, salah satunya adalah penggunaan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, litium, dan obat anti epilepsi. Kortikosteroid merupakan salah satu pengobatan bagi penderita Bell's Palsy, dan penggunaannya dapat memicu timbulnya jerawat. Krim pemutih yang beredar di pasaran mengandung zat aktif yang berbeda-beda, dan tentunya memiliki efek yang berbeda-beda pula. Pada penggunaan krim pemutih yang tidak tepat, dapat saja memicu timbulnya jerawat. Namun tentunya hal itu tergantung pada kandungan krim pemutih yang Anda gunakan. Pada umumnya krim pemutih yang diresepkan oleh Dokter mengandung Retinoid yang merupakan salah satu pengobatan untuk jerawat. Namun demikian, jerawat dapat pula disebabkan oleh faktor lainnya:

    • Gangguan keseimbangan hormonal
    • Keturunan
    • Penggunaan bahan/produk kosmetik tertentu
    • Stres
    • Merokok
    • Konsumsi makanan tertentu (susu dan karbohidrat tinggi disebut-sebut memicu timbulnya jerawat)
    • dll
    Cara penanganan jerawat dapat Anda baca pada laman diskusi dengan topik serupa berikut ini: Diskusi jerawat. Bila keluhan yang Anda alami tidak kunjung membaik, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter spesialis kulit. Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung (tatap muka) oleh Dokter untuk menilai keluhan jerawat yang dialami dan menentukan pengobatan yang tepat sesuai kondisi. Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca pada laman artikel berikut ini: Jerawat. Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani