Tanya Dokter

  • Efek konsumsi jeruk nipis terhadap penderita asam lambung

  •  Demetria
    Anggota
    Dok, penyakit asam lambung yg saya derita cukup membuat saya menderita karena terkadang sampai menimbulkan sesak napas yg menusuk. Saya pernah baca artikel bahwa meminum larutan jeruk nipis tiap pagi bisa menyembuhkan. Beberapa ini saya coba dan memang agak terasa ringan untuk bernapas panjang. Namun adakah efek samping jika penderita asam lambung mengonsumsi jeruk nipis yg sifatnya asam setiap hari? Berapa lama hal ini aman dilakukan? Sebelumnya terimakasih atas penjelasannya.

    Demetria yang baik,

    jeruk nipis mengandung asam sitrat yang kandungannya termasuk paling tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Ini membuat jeruk nipis justru berbahaya bila dikonsumsi penderita maag. Maag sendiri terjadi karena lapisan dinding lambung yang teriritasi oleh asam lambung karena pHnya yang rendah. Mengonsumsi jeruk nipis yang cenderung bersifat asam justru dapat memperburuk kondisi maag. Kecuali maag yang disebabkan oleh psikis atau yang disebut dengan dispepsia fungsional. Untuk menangani maag sendiri ada beberapa gaya hidup yang harus disesuaikan yakni :

    • menghindari makanan pedas dan asam
    • menghindari kafein misalnya dalam kopi
    • memperbaiki pola makan yang tidak teratur
    • manajemen stress psikis yang baik
    • menghentikan konsumsi jamu-jamuan atau obat-obatan nyeri tanpa indikasi dari dokter

    Kondisi maag sejatinya harus dipertimbangkan sebagai salah satu masalah serius walaupun nampak ringan. Sakit maag yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan perlukaan bahkan bolong pada dinding lambung sehingga berisiko terjadinya peradangan seluruh rongga perut atau peritonitis. Bila kondisi Anda tak kunjung membaik jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai sakit maag. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief